Pengembangan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMPIT Insan Permata Bojonegoro / Varicha Ulva

Main Author: Ulva, Varicha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63065/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUlvaVaricha.2017.PengembanganPembelajaranIPAdenganPendekatanSaintifikBerbasisPotensiLokaluntukMeningkatkanKemampuanBerpikirdanSikapIlmiahSiswaKelasVIISMPITInsanPermataBojonegoro.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Dr.SutopoM.Si.KatakunciPendekatanSaintifikPotensiLokalKemampuanBerpikirSikapIlmiahTaksonomiSOLOMengembangkankemampuanberpikirsikapilmiahsertakepeduliansiswaterhadaplingkungansekitarmerupakantujuanpentingpembelajaran.PenelitianinibertujuanmerancangperangkatpembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikberbasispotensilokaldanmengujiefektivitasnyaterhadappeningkatankemampuanberpikirdansikapilmiahsiswa.PembelajaransaintifikmengadopsiInkuriTerbimbing(PIT)danPembelajaranBerbasisMasalah(PBM).PotensilokalyangdiangkatadalahsawahdantambangminyaktradisionalWonocolo.TopiksawahdikemasdalammateriekosistemdandibelajarkanmelaluiPITsedangkantambangminyaktradisionaldikemasdalammateripencemaranlingkungandandibelajarkanmelaluiPBM.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanberupasilabusRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)instrumenpenilaianLembarKegiatanSiswa(LKS)danhandout.Metodepenelitianmengadaptasimodel4DyangterdiridaritahapDefineDesignDevelopdanDisseminate.Kualitasperangkatpembelajarandinilaiberdasarkanpenilaianahli(expertjudgement)(terdiriatas1dosenahliperangkatpembelajaran1dosenahlimateridan2guruIPA).Khususprodukyangberupahandoutjugadinilaiberdasarkanketerbacaannyaolehsiswa(melibatkan24siswayangsudahmempelajaritopikekosistemdanpencemaranlingkungan).Efektivitaspembelajarandalammeningkatkankemampuanberpikirdansikapilmiahsiswadinilaiberdasarkanujiempirikyangmelibatkan34siswakelasVIISMPITInsanPermataBojonegoropadasemesterItahunPelajaran2016/2017.Ujiempirikdifokuskanuntukmengetahui(1)sejauhmanapembelajaranyangdikembangkandapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswa(2)kelompoksiswamanayangmendapatkanmanfaatdaripembelajaraninidan(3)pencapaiansikapilmiahsiswa.KemampuanberpikirsiswadiukurmenggunakanN-gainhasiltesuraianyangdianalisismenggunakantaksonomiSOLO.UntukmenentukankelompoksiswamanayangmendapatkanmanfaatlebihdaripembelajaraniniskorpretesdikorelasikandenganskorpostestdanN-gainsertamembandingkannilaiN-GainAveragedanAverageofN-Gain.SikapilmiahdiperolehdaripengamatankegiatansiswadenganmenggunakanrubriksikapilmiahyangselanjutnyadianalisismenggunakanpersentasekemunculantiapindikatorHasilanalisisdatamenyimpulkansebagaiberikut.(1)Berdasarkanexpertjudgementdanketerbacaanhandoutolehsiswadisimpulkanbahwaperangkatpembelajaranyangdihasilkandinyatakanlayakbahkansebelumdirevisiditunjukkandengannilairata-rataproduklebihdari95(dariskormaksimum100).(2)Berdasarkanhasilujiempirikdisimpulkanbahwapembelajaranyangtelahdikembangkanefektifmeningkatkankemampuanberpikirdanmenumbuhkansikapilmiahsiswayangditunjukkanolehhasilanalisisberikut.(a)Levelpemikiransiswasecarasignifikanbergeserkearahyanglebihbaikbaikpadapembelajaranpertama(p0000)maupunpembelajarankedua(p0015).(b)SkorkemampuanberpikirmeningkatsecarasignifikandenganN-gain037padakeduapembelajaran.(c)BerdasarkananalisisskorpretesposttesdanN-gaindisimpulkanbahwasemuakelompoksiswamendapatkanmanfaatsecaraproporsionaldaripembelajaran.(d)Sikapilmiahsiswadiukurdenganproporsisiswayangmemilikisikapilmiahpadakategorisangatbaikmeningkatdari765%padapembelajaranpertamamenjadi100%padapembelajarankedua.Perangkatpembelajaranyangdihasilkanbesertahasilujiempiriknyajugatelahdiseminasikankepada30gurumelaluiforumMGMPIPA.Paragurupesertadiseminasimemberikantangggapansangatpositifterhadapperangkatpembelajaranini.MengingatujikeefektifanperangkatbarusebataspadakemampuanberpikirmenuruttaksonomiSOLOdansikapilmiahdisarankanadapenelitianlanjutanuntukmelihatkeefektifanperangkatinidariaspeklainmisalnyapenguasaankonsepdansebagainya.