Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis SALINGTEMAS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP kelas VII berdasarkan kemampuan akademik / Matsna Khoirun Nisak

Main Author: Nisak, Matsna Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63040/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNisakMatsnaKhoirun.2016.PengaruhPembelajaranGuidedInquiryBerbasisSalingtemasTerhadapKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifIPASiswaSMPKelasVIIBerdasarkanKemampuanAkademik.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd.(II)Dr.HadiSuwonoM.Si.KataKunciGuidedinquirysalingtemaskemampuanakademikketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifPembelajaranIPAhendaknyamelibatkansiswasecaraaktifuntukmembangunpengetahuannyasendirisehinggamenghasilkanpembelajaranbermakna.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahguidedinquiryberbasissalingtemas.MelaluisintakspembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemassiswadibawakepembelajarankontekstualyangterjadidisekitarlingkungannyasehinggasiswadapatdilatihuntukmempertajamketerampilanberpikirkritisnyasekaligusmeningkatkanhasilbelajarkognitifIPA-nya.Pembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasjugadiharapkanmampumengatasikesenjanganantarasiswaberkemampuanakademikrendahdantinggi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasterhadapketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifIPAsiswaberdasarkankemampuanakademikberbeda.PenelitianinitermasukjeniskuasieksperimendenganmenggunakanrancanganpenelitianPostTestOnlyDesignFactorial3x2.UjihipotesisyangdigunakandalampenelitianiniadalahujiMANOVAdenganujilanjutLSDpada61537005.Hasilpenelitianiniadalah(1)adaperbedaanketerampilanberpikirkritisantarasiswayangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydankonvensional(2)tidakadaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswaberkemampuanakademiktinggiyangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydankonvensional(3)adaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswaberkemampuanakademikrendahyangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydankonvensional(4)adaperbedaanhasilbelajarkognitifantarasiswayangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydankonvensional(5)tidakadaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanakademiktinggiyangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydanKonvensional(6)tidakadaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanakademikrendahyangmengikutipembelajaranguidedinquiryberbasissalingtemasguidedinquirydanKonvensional(7)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritisdan(8)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanakademikterhadaphasilbelajarkognitif.8195