Penerapan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 01 Batu) / Nur Laila
Main Author: | Laila, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63039/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailaNur.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifInvestigasiKelompokdenganPendekatanKontekstualuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPS(PenelitianTindakanKelaspadaKelasVIIIHSMPNegeri01Batu).Tesis.JurusanPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HariyonoM.Pd.(II)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.KataKunciMotivasibelajarhasilbelajarIPSinvestigasikelompokpendekatankontekstual.HasilobservasipelaksanaanpembelajaranIPSpadasiswakelasVIIIHSMPNegeri01Batumemperlihatkanbahwapembelajaranmasihberpusatpadagurusedangkansiswacenderungpasifmotivasibelajarsiswarendahditunjukkan(1)gurumendapatkesulitanwaktumengajaksiswauntukberanimenjawabpertanyaanmengajukanpertanyaanmengemukakanpendapatdanmengomentaripendapattemannya(2)siswakurangterlibatsecaraaktifdalamprosespembelajarandankurangmengembangkankreativitasnyadan(3)siswadalammenerimamateripelajarancenderungmendengarkanmengingatdanmenghafal.Kondisisepertiitudapatmempengaruhikelancaranprosespembelajarandikelasyangberdampakpadahasilbelajarsiswarendah.Haltersebutditunjukkandari32orangsiswakelasVIIIHyangmengikutiulanganterdapat21orangsiswa(6563%)mencapainilaidiatasKKMdanterdapat11orangsiswa(3438%)yangbelummencapaiKKMdengannilairata-ratakelassebesar7934.UntukituperludirancangsebuahpembelajaranyangdapatmengatasipermasalahandenganpenerapanmodelpembelajaraninvestigasidenganpendekatankontekstualsehinggadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarIPS.Metodeyangdigunakanadalahpenelitiankualitatifjenispenelitiantindakankelas(PTK).Penelitisebagaipartisipanpenuhdengandibantu2guruIPSsebagaiobserver.PenelitianinidilaksanakanpadakelasVIIIHSMPNegeri01Batuyangberjumlah32orangsiswayangterdiriatas14oranglaki-lakidan18orangperempuan.Pengumpulandatadilakukandenganmengunakanteknikobservasiteswawancaraangketmotivasidandokumentasi.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridariempatpertemuantatapmukadikelasdansatukalikegiataninvestigasikelompokyangdilakukandiluarjampembelajarandisekolah.PersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaranolehgurupadasiklusIdiperoleh84%dengankriteriabaikdanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi96%dengankriteriasangatbaikmengalamipeningkatan12%.Sedangkanpersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaranolehsiswamengalamipeningkatansebesar16%yaknipadasiklusIsebesar77%dengankriteriabaikdanpadasiklusIIsebesar93%dengansangatbaik.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanyangdapatdilihatpadapersentaseketuntasanklasikalyaitupadasiklusImencapai8125%dansiklusIImencapai9375%mengalamipeningkatansebesar125%.MotivasibelajarsiswajugamengalamipeningkatanyangdapatdilihatpadasiklusImencapai77%menjadi94%padasiklusIImengalamipeningkatansebesar17%danberdasarkanwawancaradengansiswakelasVIIIHSMPNegeri01Batuhasilnyasiswamemberikanjawabanbaikatausenangmenggunakanmodelpembelajarantersebut.Saranyangdiberikanadalah(1)modelpembelajaraninvestigasikelompokselaindapatmeningkatkanhasilbelajarsiswajugamampumenumbuhkankeberaniansiswamengajukanpertanyaanmenjawabpertanyaanmenyampaikanpendapatdanmemberikantanggapanterhadapjawabanataupendapatyangdisampaikansiswalain.(2)Guruharusmenguasaisintakmodelpembelajaraninvestigasikelompok.(3)Hendaknyagurulebihkreatifdaninovatifsertamampumenjadikonselorbagisiswanyadanmemahamikarakteristiksiswasehinggakesulitanbelajarsiswadapatdiatasi.(4)Kepalasekolahhendaknyadapatmendorongguruuntukmenerapkanberbagaimodelpembelajarankooperatifkarenadapatmemacusiswauntuksalingmemotivasisiswadalambelajar.(5)BagiDinasPendidikanhasilpenelitianinidapatdijadikanacuandalampembinaanpeningkatanmutusekolahdanpeningkatanprofesionalismegurudenganpenerapanmodelpembelajaranyangefektifdaninovatif.(6)Bagipenelitiberikutnyahasilpenelitianinihendaknyadapatdijadikanreferensiuntukmelakukanpenelitianlanjutandiwaktuyangakandatangdenganmengembangkanaspek-aspekmotivasiyanglain.