Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dan potensi sungai wajageseng untuk meningkatkan penguasaan konsep keterampilan dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kopang / Dedy Hariyadi

Main Author: Hariyadi, Dedy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/63014/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHariyadiDedy.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranEkosistemBerbasisInkuiriTerbimbingdanPotensiSungaiWajagesenguntukMeningkatkanPenguasaanKonsepKeterampilandanSikapIlmiahSiswaKelasVIISMPNegeri4Kopang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.KataKunciPerangkatpembelajaranEkosistemInkuiriTerbimbingPenguasaanKonsepKeterampilanIlmiahSikapIlmiah.TujuanpembelajaranIPAdiSMPsalahsatunyaadalahagarsiswamenguasaikonsepdanprinsipIPAsertamempunyaiketerampilanmengembangkanpengetahuandansikappercayadirisebagaibekaluntukmelanjutkanpendidikanpadajenjangyanglebihtinggisertamengembangkanilmupengetahuandanteknologi.Untukmencapaitujuantersebutdiperlukanperencanaanpembelajaranyangtepat.Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk1)menghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdanpotensisungaiWajagesengyanglayakuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaranIPAdikelas2)mengetahuiefektifitasperangkatpembelajaranhasilpenelitiandanpengembangandalammeningkatkanpenguasaankonsepketerampilandansikapilmiahsiswa.Pengembanganperangkatdilakukandenganmenggunakanmodel4DThiagarajan(1974)yangterdiridariempattahappengembanganyaitupendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebarluasan(disseminate).Pengembanganperangkatpadapenelitianinidilakukansampaipadatahapdevelop.Instrumenyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganyaitulembarvalidasilembarobservasitesdanangket.Instrumentesterdiridari1)tespenguasaankonsepdenganr11079untukmateriekosistemdanr11081untukmateripencemaran2)tesketerampilanilmiahdenganr11066untukmateriekosistemdanr11067untukmateripencemaran.Angketsikapilmiahsiswadengannilair11084untukmateriekosistemdanr11088untukmateripencemarandigunakanuntukmengukursikapilmiahsiswa.Analisisdatapadapenelitiandanpengembanganinimenggunakananalisisdeskriptifuntukdatakelayakanperangkathasilpengembangandananalisisstatistikinferensialuntukmenganalisisdatakeefektifanperangkatpembelajaranhasilpengembangan.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwakeseluruhankomponenperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikualifikasisangatlayakdantidakperludirevisi.AnalisisstatistikinferensialmenunjukkanhasilyaituadaperbedaanpenguasaankonsepketerampilanilmiahdansikapilmiahantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdanpotensisungaiWajagesengdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanperangkatpembelajarankonvensional.Hasilinimenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanefektifdalammeningkatkanpenguasaankonsepketerampilanilmiahdansikapilmiahsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinimakaperangkatpembelajaranyangdikembangkandapatdigunakandalamkegiatanpembelajarandandapatdijadikanrujukandalampengembanganperangkatpembelajaranlebihlanjut.