Identifikasi miskonsepsi materi IPA kelas VIII dengan Teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dan upaya perbaikan melalui strategi konflik kognitif / Dian Aprilyani

Main Author: Aprilyani, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/63007/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAprilyaniDian.2016.IdentifikasiMiskonsepsiMateriIPASMPKelasVIIIdenganTeknikCertaintyofResponseIndex(CRI)TermodifikasidanUpayaPerbaikannyaMelaluiStrategiKonflikKognitif.TesisProgramStudiPendidikanDasarIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(2)Dr.LiaYuliatiMPd.KataKuncistrategikonflikkognitifmiskonsepsimateriIPAPenelitianinibertujuanuntuk(1)mengidentifikasimiskonsepsisiswaSMPpadamateriIPA(2)mengetahuiapakahstrategikonflikkognitifdapatmengurangimiskonsepsisiswaSMPdan(3)bagaimanaretensipemahamankonsepdanpersistensimiskonsepsisiswaSMPsetelahpembelajaranperbaikandenganstartegikonflikkognitif.Penelitianmenggunakanmixedmethoddesainembeddedexperimental.Subjekpenelitian26siswaSMPNegeri1BululawangKelasVIIIDsemestergenaptahunajaran2015/2016.Pengambilandatadenganmenggunakan20soalCRItermodifikasiuntukpretestposttestdandelaytestbukucatatansiswadanhasilwawancara.Analisisterhadapjawabandanalasanpretestuntukmengetahuijenismiskosnepsisiswa.Bukucatatandanwawancarauntukmemperkuattemuantentangberkurangnyamiskonsepsisiswa.Uji-tdilanjutkann-gainterhadapskorpretestdanposttestuntukmengujihipotesis.Membandingkanjumlahsiswapahamkonseppadaposttestdandelaytestuntukmengetahuiretensipemahamankonsepsiswa.Membandingkanjumlahsiswamiskonsepsipadapretestposttestdandelaytestuntukmengetahuipersistensimiskonsespsisiswa.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)miskonsepsiterjadipadasemuakonsepterutamapadakonsepgerakpersitaltiktujuanpencernaanmakanantujuanpernapasandangangguanpadasistemperedarandarahmanusia(2)strategikonflikkognitifdapatmengurangimiskonsepsisiswaSMP(3)retensisiswaSMPmasukkategorisangatbaikartinyakonsepbenaryangdiperolehsiswadapatditerimadandipertahankandimemorijangkapanjang.PersistensimiskonsepsiyangdialamisiswaSMPmasukkedalamkategorisangatrendahartinyasiswamaumenerimakonsepbenarsehinggamiskonsepsinyaterganggudantidakmempertahankanmiskonsepsinya.Sebagaiimplikasipenelitianinidikemukananbeberapasaran1)pembelajaranperbaikansebaiknyatidakdilaksanakanbersamaandenganmaterilainnyakarenamiskonsepsiyangbelumterselesaikandapatmempengaruhipemahamansiswapadamateriberikutnya2)identifikasimiskonsepsiperludilakukanterlebihdahulusehinggadapatmerencanakankonflikkognitifyangdapatmenjadikonflikdipikiransiswasesuaidengantingkatberpikirsiswadanlebihmemotivasisiswauntukmenimbulkanpemahamankonsepmenjadilebihbermakna.