Penerapan metode ceramah dipadu pembelajaran kooperatif teams games tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (Studi pada siswa kelas IVB SDN 4 Wawotobi Kabupaten Konawe) / Anita Karolina
Main Author: | Karolina, Anita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63003/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnitaKarolina2016.PenerapanMetodeTeamsGamesTournamentUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPS(StudipadaSiswaKelasVIbSDNegeri4WawotobiKabupatenKonawe).Tesis.ProgramStudipendidikanDasar.Pascasarjanah.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Prof.Dr.WahjoediM.E2)SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.KataKunciMetodeTeamsGamesTournament(TGT)MotivasiBelajarHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancarapadasiswaditemukanpermasalahandalampembelajaranIPSdikelasIV.PermasalahandalampembelajaranIPSdiKelasIVSDN4Wawotobiyaitu(1)keterlibatansiswadalampembelajaranrendah(2)komunikasitidakefektif(3)siswatakutdanmalumenampilkanhasilkerjanya(4)kerjasamadalamkelompoktidakberjalanefektifdan(5)siswamerasabosandalampembelajaran.Penelitiberpendapatbahwahaliniterjadikarenarendahnyamotivasibelajaryangdimilikisiswasehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.SalahsatumetodeyangdigunakandalamperbaikanpembelajaranadalahmetodeTGTmetodeinimerupakanpembelajarankooperatifmemiliki5langkahtahapanyaitutahappenyajiankelas(classprecentation)belajardalamkelompok(teams)permainan(games)pertandingan(tournament)danpenghargaankelompok(teamrecognition).Halmembuatsiswabekerjasamadalamkelompoknyadantermotivasiuntukbelajarkarenadidalampelaksanaanyamembuatmerekabermainsambilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanametodeceramahdipadupembelajarankooperatifTGTdalammeningkatkanmotivasibelajarsiswadanmengukurhasilbelajarIPSsiswadenganmenggunakanmetodeTGTdalamprosespembelajaran.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasIVbSDN4Wawotobiberjumlah20siswa.Penelitibertugassebagaisebagaiinstumenkuncidalampelaksanaanpenelitianyaknisebagaipemberitindakanataugurumodelyangdibantugurukelassebagaiobserver.Instrumenpengumpulandatameliputilembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarangketmotivasisiswasoalteswawancaradandokumentasi.Untukmenganalisdatapenelitimenggunakananalisiskualitatif.HasilpenelitiandenganmenggunakanmetodeTGTdalampembelajaranIPSpadakelasIVbSDN4WawotobiKabupatenKonawemenunjukkanmotivasidanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PadamotivasibelajarsiswadisiklusIsebesar70%sedangkanmotivasibelajarsiswapadasiklusIImengalamipeningkatansebesar85%dimanajumlahinisudahmelebihikriteriaketuntasanyangtelahditentukanyaknisebesar80%.SejalandenganmotivasihasilbelajarjugamengalamipeningkatandimulaidariawalsiklusdimanapadasiklusIhasilbelajarsiswamencapai7185%sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatan7975%.Halinimenunjukkanbahwapenggunaanmetodepembelajaranyangtepatdalamprosespembelajaranakanmemberikandampakyangpositifdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadisekoalah.SarandaripenelitidalampenggunaanmetodeTGTyaitu1)sebagaigurusebaikyamenggunakanmetodedalammengajardanharuspandaimemilihmetodeyangtepatuntukmateriyanghendakdipelajari2)bagiguruyangakanmenggunakanmetodeTGTdidalampembelajarannyaagarmanajemenwaktulebihdiperhatikanlagidikarenapenerapanTGTinimembutuhkanwaktuyanglebihlamadalamprosesgamestournament.