Analisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik SMP Kelas VIII melalui model pembelajaran level of inquiry pada level inquiry lesson berbantuan asesmen autentik / Amelia Dwi Puji Istiyana

Main Author: Istiyana, Amelia Dwi Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62986/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIstiyanaAmeliaDwiPuji.2016.AnalisisKeterampilanProsesSainsdanKemampuanBerpikirKritisIPAPesertaDidikSMPKelasVIIIMelaluiModelPembelajaranLevelofInquiryPadaLevelInquiryLessonBerbantuanAsesmenAutentik.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.KataKunciketerampilanprosessainskemampuanberpikirkritisIPAlevelofinquiryPembelajaranIPAberkaitandengancaramencaritahutentangalamsecarasistematissehinggaIPAbukanhanyapeguasaankumpulanpengetahuanyangberupafakta-faktakonsep-konsepatauprinsip-prinsipsajatetapijugamerupakansuatuproses.Melaluimodelpembelajaranlevelofinquirylevelinquirylessondapatditekankanpengalamanbelajargunapengembanganketerampilanprosessainsdansikapilmiah.Levelofinquirymerupakanmodelpembelajarandenganpendekatanhirarkiberdasarkanspektruminkuiri.Salahsatuinstrumenyangdapatmembantugurudalammenilaiketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritispesertadidikdalampembelajaraninkuiriadalahdenganmenggunakanasesmenautentik.Penelitianinibertujuanmenganalisisketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritispesertadidikpadapokokbahasaninderapenglihatandanalatoptikmelaluipembelajaranmodellevelofinquiryberbantuanasesmenautentik.PenelitianinimenggunakanmixedmethodembeddedexperimentaldesigndengansubyekpenelitiankelasVIIIAsebanyak20orang.InstrumenpenelitianmeliputisilabusRPPLKPDinstrumenpelaksanaanpembelajaraninstrumenlembarobservasiketerampilanprosessainssoaltestulislembarteskinerjaangketpedomanwawancaradancatatanlapangan.Analisisdatakualitatifdilakukandenganmendeskripsikandataketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritis.Datakuantitatifhasilketerampilanprosessainsdianalisisdenganmenghitungskoryangdiperolehselamaprosespembelajarannilaitestulisdannilaiteskinerjayangdianalisisdenganmenghitungrata-ratanya.Kemampuanberpikirkritisdianalisisdenganuji-tberpasanganN-Gaindaneffectsize.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterampilanprosessainsmeliputirudimentaryskillsbasicskillsintermediateskillsterbentuksesuaidenganprosespembelajaranpadatiap-tiappertemuansetelahdilakukanpembelajaranmodellevelofinquirydenganrata-rataketerampilanprosessainsyangterbentukselamapembelajaransebesar80%dengankriteriabaik2)terjadipeningkatanketerampilanberpikirkritissiswasebesar06dengansumbanganefek(effectsize)yangdiberikansebesar145.ResponpesertadidikterhadappembelajaranIPAdenganmodellevelofinquirylevelinquirylessonsangatpositifdenganrerataskor907%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodellevelofinquirylevelinquirylessondapatmengembangkanketerampilanprosessainsdanmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikpadapembelajaranIPA.