Analisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik SMP Kelas VIII melalui model pembelajaran level of inquiry pada level inquiry lesson berbantuan asesmen autentik / Amelia Dwi Puji Istiyana
Main Author: | Istiyana, Amelia Dwi Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62986/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstiyanaAmeliaDwiPuji.2016.AnalisisKeterampilanProsesSainsdanKemampuanBerpikirKritisIPAPesertaDidikSMPKelasVIIIMelaluiModelPembelajaranLevelofInquiryPadaLevelInquiryLessonBerbantuanAsesmenAutentik.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.KataKunciketerampilanprosessainskemampuanberpikirkritisIPAlevelofinquiryPembelajaranIPAberkaitandengancaramencaritahutentangalamsecarasistematissehinggaIPAbukanhanyapeguasaankumpulanpengetahuanyangberupafakta-faktakonsep-konsepatauprinsip-prinsipsajatetapijugamerupakansuatuproses.Melaluimodelpembelajaranlevelofinquirylevelinquirylessondapatditekankanpengalamanbelajargunapengembanganketerampilanprosessainsdansikapilmiah.Levelofinquirymerupakanmodelpembelajarandenganpendekatanhirarkiberdasarkanspektruminkuiri.Salahsatuinstrumenyangdapatmembantugurudalammenilaiketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritispesertadidikdalampembelajaraninkuiriadalahdenganmenggunakanasesmenautentik.Penelitianinibertujuanmenganalisisketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritispesertadidikpadapokokbahasaninderapenglihatandanalatoptikmelaluipembelajaranmodellevelofinquiryberbantuanasesmenautentik.PenelitianinimenggunakanmixedmethodembeddedexperimentaldesigndengansubyekpenelitiankelasVIIIAsebanyak20orang.InstrumenpenelitianmeliputisilabusRPPLKPDinstrumenpelaksanaanpembelajaraninstrumenlembarobservasiketerampilanprosessainssoaltestulislembarteskinerjaangketpedomanwawancaradancatatanlapangan.Analisisdatakualitatifdilakukandenganmendeskripsikandataketerampilanprosessainsdankemampuanberpikirkritis.Datakuantitatifhasilketerampilanprosessainsdianalisisdenganmenghitungskoryangdiperolehselamaprosespembelajarannilaitestulisdannilaiteskinerjayangdianalisisdenganmenghitungrata-ratanya.Kemampuanberpikirkritisdianalisisdenganuji-tberpasanganN-Gaindaneffectsize.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterampilanprosessainsmeliputirudimentaryskillsbasicskillsintermediateskillsterbentuksesuaidenganprosespembelajaranpadatiap-tiappertemuansetelahdilakukanpembelajaranmodellevelofinquirydenganrata-rataketerampilanprosessainsyangterbentukselamapembelajaransebesar80%dengankriteriabaik2)terjadipeningkatanketerampilanberpikirkritissiswasebesar06dengansumbanganefek(effectsize)yangdiberikansebesar145.ResponpesertadidikterhadappembelajaranIPAdenganmodellevelofinquirylevelinquirylessonsangatpositifdenganrerataskor907%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodellevelofinquirylevelinquirylessondapatmengembangkanketerampilanprosessainsdanmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikpadapembelajaranIPA.