Penerapan teknik mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Wawotobi Kabupaten Konawe / Helisman

Main Author: Helisman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62982/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHelisman2016.PenerapanTeknikMindMappingUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPSSiswaKelasVSDN3WawotobiKabupatenKonawe.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.Pascasarjana.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd2)Dr.RamliM.PdKataKunciTeknikMindMappingMotivasiBelajarHasilBelajarIPS.BerdasarkanhasilstudiawaldanwawancarayangdilakukandikelasVSDN3WawotobiditemukanadanyapermasalahandalampembelajaranIPS.KetikaprosespembelajaranIPSsiswatidakterlibatdalamprosespembelajaranbersikappasifmudahbosandanmengganggappembelajaranIPSkurangrelevanbagikehidupanmereka.HalinidisebabkangurumasihmendominasiprosespembelajarandanmasihkurangnyapemahamansiswatentangrelevansipembelajaranIPSbagikehidupanmereka.HalinidisebabkanolehmotivasiyangrendahdalambelajarIPSdanberakibatrendahnyahasilbelajarIPSSiswa.Upayayangdilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutyaitupenerapanteknikmindmappingdalampembelajaran.Teknikinidapatdipakaiuntukmemberikanpembelajaranyangbermaknabagiparasiswa.Siswadilibatkandalamprosespembelajaranmemupukkerjasamadanmampubertanggungjawabatashasilyangdiperolehselainitupenggunaanteknikiniakanmembuatkreativitassiswalebihterasah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasVSDN3WawotobikabupatenKonaweyangberjumlah20orangsiswa.PenelitiantindakanKelasinidilaksanakansebanyak2siklusdimanasiklusIdengan4kalipertemuandansiklusIIdengan3kalipertemuan.PenelitiantindakankelasinidilakukandikelasVSDN3WawotobiKabupatenKonawesedangkanpengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaradokumentasicatatanlapanganangketmotivasidantes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)Penerapanteknikmindmappingterlaksanadenganbaik2)penggunaanteknikmindmappingdalampembelajaranIPSdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadasiklusInilairata-ratasiswamencapai6870%beradapadakriteriacukupdanmeningkatmenjadi8657%disiklusIIyangberadapadakriteriabaik3)penggunaanteknikmindmappingdalampembelajarandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasiswayangmencapaiketuntasansebelumpelaksanaantindakansebesar30%atau6siswapadasiklusImeningkatmenjadi60%atau12siswadansiswayangtuntasdalambelajarsemakinmeningkatpadapelaksanaansiklusIIsebesar90%atau18orangsiswayangtuntasdalambelajar.Penerapanteknikmindmappingdalampembelajaranperlumemperhatikanalokasiwaktuyangcukupkarenaprosespembuatanmindmappingakanbanyakmenyitawaktuselainitusiswaharusdiajarkancaramembuatmindmappingyangbaikagarhasilyangdiperolehdapatmemuaskan.Perlupersiapanberupaalatdanbahandalampembuatanmindmappingagarprosespembelajarandenganmenggunakanteknikmindmappingdapatterlaksanandenganbaik.