Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada SDN kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Tety Nur Cholifah

Main Author: Cholifah, Tety Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62963/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKCholifahT.N.2016.PengaruhLatarBelakangTingkatPendidikanOrangtuadanGayabelajarterhadapHasilBelajarSiswapadaSDNKelasIVKecamatanSananwetanKotaBlitar.Tesis.ProgramStudiPendidiksnDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd(2)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.KataKunciLatarBelakangTingkatPendidikanOrangtuaGayaBelajarHasilBelajar.Hasilbelajardapatmeningkatjikaorangtuadapatmembimbinganaknyabelajarsesuaidengankarakteristikbelajarsiswadansiswadapatmengetahuigayabelajardenganmemilihcarabelajaryangcocokbagidirinya.Orangtuayangberpendidikantinggidapatmembimbinganaknyadalambelajar.Latarbelakangtingkatpendidikanorangtuayaitutingkatpendidikanterakhiryangditembuholehseorangibusemakintinggipendidikanibumakaakanmudahdapatmengarahkananaknyadalambelajardanjugadapatmengarahkananakbelajarsesuaidengangayabelajaryangdimilikiolehsiswa.Gayabelajarmerupakancarabelajaryangtermudahdanmediapembelajaranyangtepatuntukmencapaitujuanpembelajaranyangtelahdirencanakan.Tujuanpenelianiniuntukmengetahuiseberapabesarpengaruh(1)latarbelakangtingkatpendidikanorangtuaterhadaphasilbelajarsiswa(2)gayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa(3)latarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa.Penelianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatif.PopulasipenelitianinisiswapadaSDNKelasIVKecamatanSananwetanKotaBlitarsebanyak724siswadansampel251siswayangditentukandenganpenarikansampelsecaraacakproporsionalsesuaidenganstrata(proportionatestratifiedrandomsampling).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumendandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahmenggunakananalisisregresibergandayangterdiridariujivaliditasdanujireliabilitas.SedangkanuntukmengujikelayakanregresidilakukanujiasumsiklasikregresidankeseluruhananalisisinimenggunakanbantuanprogramSPSS23.0.HasilpenelitianmenunjukkanlatarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarmempunyaipengaruhyangtinggiterhadaphasilbelajarsiswapadaSDNKelasIVKecamatanSananwetanKotaBlitaryaitu(1)terdapatpengaruhpositifantaralatarbelakangtingkatpendidikanorangtuaterhadaphasilbelajarsiswasebesar(676%)(2)terdapatpengaruhpositifantaravariabelpengaruhgayabelajarterhadaphasilbelajarsiswasebesar(660%)(3)terdapatpengaruhpositifantaravariabelpengaruhlatarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswasebesar(563%).Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadisarankankepadainstitusiatausekolahagarlebihmeningkatkanlulusantingkatpendidikanorangtuayangtinggiagardapatmengarahkananaknyasesuaidengancarabelajaryangcocoksehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasertamemilikipengetahuandalammenentukangayabelajaryangcocokbagianaknyasehinggasiswadapatmengetahuigayabelajaryangcocokuntukbelajarbagidirinyasendiri.