Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa (studi pada siswa kelas IV, V, VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang) / Widya Novia Hedyanti

Main Author: Hedyanti, Widya Novia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62958/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHedyantiWidyaNovia.2016.PengaruhPolaAsuhOrangTuaterhadapMotivasidanPrestasiBelajarIPSSiswa.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramStudiPendidikanDasarGuruKelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si(2)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.KataKunciPolaAsuhMotivasiPrestasiBelajar.Keluargamemilikikontribusiyangsangatpentingterhadapduniapendidikankarenakeluargamerupakanorangyangpertamadanutamadalamduniapendidikanawalanakdankelanjutanpendidikananak.PengasuhanyangtepatakanmemberikanmotivasipadaanakuntukmendapatkanprestasibelajaryangoptimalkhususnyaprestasibelajardalambidangIPS.MatapelajaranIPSdiGugus2KecamatanNgantangmerupakansalahsatumatapelajaranyangmempunyainilaiyangrendah.Tahun2013nilairata-ratapelajaranIPSadalah7095sedangkanpadatahun2014menjadi6785sehinggamengalamipenurunansebesar42%(sumberdatanilaiIPSSDNGugus2KecamatanNgantang).Tujuandaripenelitianiniadalah1)untukmengetahuipengaruhlangsungpolaasuhorangtuaterhadapprestasibelajar2)untukmengetahuipengaruhlangsungpolaasuhorangtuaterhadapmotivasibelajar3)untukmengetahuipengaruhlangsungmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswa4)untukmengetahuipengaruhtidaklangsungpolaasuhorangtuaterhadapmotivasidanprestasibelajar.Jenispenelitianiniadalahexpostfacto.Sampelyangdigunakanberjumlah123siswadilimasekolahyangtergabungdalamGugus2KecamatanNgantang.Datadikumpulkandenganmenggunakanangketsebagaiinstrumendarivariabelpolaasuhorangtuadanmotivasibelajarsedangkanhasilbelajardiambildarinilaiulanganharianyangdirata-rata.Hasildariangketakandianalisismenggunakananalisisjalur(pathanalysis)denganalatbantustatisticSPSSforwindowsversi23.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Terdapatpengaruhlangsungyangsignifikanpolaasuhorangtuaterhadapprestasibelajarsiswa2)Terdapatpengaruhlangsungyangsignifikanpolaasuhorangtuaterhadapmotivasibelajaranak3)TerdapatpengaruhlangsungyangsignifikanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarIPSsiswa4)Terdapatpengaruhtidaklangsungantarapolaasuhorangtuaterhadapprestasibelajarsiswamelaluimotivasibelajar.BerdasarkankesimpulandarikajiandiatasterdapatsarankepadaguruyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsebaiknyamenggunakanpembelajaranyangaktifinovatifkreatifdanmenyenangkansertaguruharuslebihberperanaktifdalammemotivasisiswaagarsiswatidakmerasabosan.SehinggaprestasibelajarIPSsiswaakanlebihoptimal.Melaluikerjasamasekolahorangtuasebaiknyameningkatkanperhatiannyadalammengasuhputera-puterinyaagarmerekasemakintermotivasiuntukbelajardanpadaakhirnyaakanmeningkatkanprestasibelajarIPS.