Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Sinjai Selatan / Andi Nurwahida

Main Author: Nurwahida, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62952/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurwahidaAndi2016.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingdenganBantuanMindMappingterhadapKeterampilanProsesSainsdanHasilBelajarIPASiswaKelasVIIDiSMPNegeri7SinjaiSelatan.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarIPAProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SitiZubaidahM.Pd.(2)Prof.H.SuhadiIbnuM.A.Ph.D.KataKunciinkuiriterbimbingmindmappingketerampilanprosessainshasilbelajarIPAObservasiawaldilakukandiSMPNegeri7SinjaiSelatanKabupatenSinjaipadabulanJanuari2016khususnyatentangpelaksanaanpembelajarandikelas.DarihasilobservasiditemukanfaktabahwakompetensikognitifsiswabelumtuntasartinyanilaibelummencapaiKKMyangditetapkan.Rata-ratanilaihasilkompetensimaterimemahamisalingketergantungandalamekosistembelummencapaiKKM.Sementaraituhasilobservasiketerampilanprosessainssiswamenunjukkanmasihadanyabeberapasiswayangketerampilannyamasihkurangterutamasaatmelakukanpengamatanyakni(1)kurangterampildalammenggunakanalatdanbahan(2)kurangmampumelakukanpengamatandanmenafsirkanhasilpengamatan(3)kurangterampilmenyusundanmenyampaikanlaporanhasilpengamatanyangtelahdilakukan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengidentifikasiperbedaanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarIPAsiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganbantuanteknikmindmappingdansiswayangbelajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimen(eksperimenquasi)dengandesainberbentukpretest-postestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri7SinjaiSelatanKabupatenSinjaitahunajaran2015/2016denganjumlahsiswasebanyak50orang.InstrumenpenelitianterdiriatassilabusRPPLKSsoalteshasilbelajarIPAsoaltesketerampilanprosessainslembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasipenilaiantesperformancesiswa.DatadianalisisdenganmenggunakanN-gaindanANACOVA.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanprosessainsdanhasilbelajarIPAsiswaberbedaantarayangbelajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganbantuanmindmappingdanyangbelajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.KeterampilanprosessainsdanhasilbelajarIPAlebihtinggipadasiswayangbelajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganbantuanteknikmindmappingdibandingkansiswayangbelajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianinimerekomendasikanpadaguruuntukterusmenggunakanmetodepembelajaraninovatif.UntuksiswadiharapkanmenjadilebihaktifdanlebihmandiridalamkegiatanpembelajaransehinggamemberikanpengaruhsecaralangsungterhadappeningkatanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarIPA.Sedangkanbagiparapenelitidiharapkandapatmelanjutkanpenelitianinipadamaterilain.