Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka / Sovya Nur Kartika

Main Author: Kartika, Sovya Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62949/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKartikaSovyaNur.2016.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanMindMapuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPASiswaKelasVSDN2LamokatoKabupatenKolaka.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.KataKunciInkuiriterbimbingMindmapMotivasiHasilbelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatufaktoryangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasidiKelasVBSDN2LamokatoKabupatenKolakasiswakurangmotivasidalampembelajaranmodelpembelajaranyangdigunakangurukurangbervariasipembelajaranberpusatpadagurudanhasilbelajarsiswarendah.SelainitusiswajugamengakusulitmemahamidanmengingatmateripelajaranIPA.Masalahtersebutdiatasidenganpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmap.Pembelajaraninkuiriterbimbingdapatmembantusiswamenemukansendirikonseppembelajaransedangkanteknikmindmapakanmembantusiswamencatatkonseppembelajarandengankreatifefektifdanmenyenangkan.TujuanpenelitianiniyakniuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmapdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarIPAsiswaKelasVBSDN2LamokatoKabupatenKolaka.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisMcTaggartyangterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaandanobservasisertarefleksi.Penelitianberlangsungselama2siklustiapsiklusterdiridari4pertemuan.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukpengumpulandatamenggunakanlembarobservasiangketteshasilbelajarcatatanlapanganpedomanwawancaradandokumentasiyangtelahtervalidasi.BerdasarkanhasilpenelitianpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmapterbuktidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswaKelasVBdiSDN2Lamokato.Hasiltersebutdapatdilihatdaripeningkatanmotivasibelajarklasikalsiswayaitudari768%padasiklus1meningkatmenjadi897%padasiklus2persentasepeningkatantersebutsebesar129%.HasilbelajarIPAsiswajugameningkatdaripratindakansebesar571%padasiklus1mencapai704%meningkatlagipadasiklus2sebesar852%.Ketuntasanbelajarklasikalsiswadarisiklus1kesiklus2sebesar148%.Hasiltersebuttelahmencapaikriteriakeberhasilantindakanyaitu880585%siswamencapaiKKM70padasiklus2.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpenelitimenyimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmapdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarIPAsiswaKelasVBSDN2LamokatoKabupatenKolaka.Penelitimemberisarankepadagurubahwamodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmapinidapatdipilihsebagaisalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.