Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan game puzzle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Rani Ramadanis

Main Author: Ramadanis, Rani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62928/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRamadanisRani.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShareBerbantuanGamePuzzleUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPSSiswaKelasVIISMPNegeri4Malang.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPSProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang(I)Prof.Dr.INyomanSDegengM.Pd(II)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si.KeywordThinkPairShareGamePuzzleMotivasiHasilBelajarHasilpengamatanpadawaktupembelajaranIPSdiSMPNegeri4MalangdikelasVIIHdiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldansiswahanyamendengarkanpelajaransecarasatuarah.Gurumengalamibeberapakendaladidalampelaksanaanprosesbelajarmengajaryaitu(1)Motivasibelajarsiswayangmasihrendah(2)Hasilbelajaryangbelumtuntasdiketahuidari32orangsiswadiantaranya17orang(57%)memperolehnilaidibawahKKM7orang(17%)memperolehnilaisamadenganKKMdan8orang(25%)diatasKKM.Makadiperlukansuatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshareberbantuangamepuzzleuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajaripssiswa.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)dalamduasiklusyangsetiapsiklusterdiridariempatkomponenperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Kedudukanpenelitidalampenelitianinisebagaiperencanapelaksanatindakanpengumpuldatapenganalisispenafsirdatadanpelaporhasilpenelitian.SubyekpenelitianadalahsiswaSMPN4MalangkelasVIIHsebanyak32orangsiswaterdiridari19orangperempuandan13oranglaki-laki.Penelitiandilakukanmelaluiduasiklus.Datadikumpulkandenganteknikobservasiangketdanpelaksanaantes.AnalisadatadilakukanmelaluitigatahapanyaituReduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.TemuanpenelitianpadasiklusIyaitupenggunaanalokasiwaktuyangbelummaksimalsehinggaguruharusbisamenggunakanalokasiwaktudenganbaikdanpadasiklusIbelumditambahkangamepuzzlepadapelaksanaantahap-tahapThinkpairsharesedangkanpadasiklusIIgurusudahbisamengalokasikanwaktudenganbaiksertaimplementasipadamatapelajaranIPSlebihefektifketikaditambahkangamepuzzlepadatahapthinkdalamsintaksthinkpairshare.Hasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshareberbantuangamepuzzleyaitu(1)hasilobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranolehgurutermasukkategorisangatbaikpadasiklusIdiperoleh74%dansiklusIIdiperoleh9003%mengalamipeningkatan1603%.HasilobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranolehsiswatermasukkategoribaikdarisiklusIdiperoleh7123%dansiklusIIdiperoleh8703%mengalamipeningkatan158%.(2)meningkatnyamotivasisiswadarisiklusIdiperoleh8225%dansiklusIIdiperoleh8990%mengalamipeningkatan765%(3)meningkatnyahasilbelajarsiswadarisiklusIdiperoleh8125%dansiklusIIdiperoleh9375%mengalamipeningkatan125%.Saranyangdiberikanadalah(1)Bagiguruagardalamprosesbelajarmengajarlebihbanyakmemberikankesempatankepadasiswauntukberfikirsendirimelatihkemampuanberpikirdankemampuansosialsertacarabekerjasamasehinggasiswamemperolehkesempatanuntukmengembangkanpotensinya.(2)Bagisekolahhasilpenelitianinidapatdigunakansebagaiacuandalampembinaanpeningkatanmutusekolahdanpeningkatanprofesigurudenganpenerapanmodelpembelajaranyangefektif.Denganpenelitianinihendaknyasekolahmemberikanfasilitasbelajardanmendukungparagurusehinggaprosespembelajaransemakinmeningkatmutunya.(3)Bagipenelitiselanjutnyadisarankanagarmelaksanakanpenelitiandenganmengkolaborasikanberbagaimodeldanpengembanganmediadalammeningkatkankualitasguru.