Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN I Sanan Wonogiri / Sarnoko

Main Author: Sarnoko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/62906/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSarnoko.2016.PenerapanPendekatanSomaticAuditoryVisualizationIntellectualy(SAVI)BerbantuanVideoPembelajaranuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarIPSKelasIVSDNISananWonogiri.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.RuminiatiM.Si(II).Prof.Dr.PunadjiSetyosariM.Ed.KatakuncipendekatanSAVIvideopembelajaranaktivitashasilbelajarIPSBerdasarkanobservasiawalsiswakelasIVSDNISananWonogiriterungkaprendahnyapartisipasisiswadalampembelajaranIPS.Haliniterlihatdarikurangnyakeinginansiswamenjawabpertanyaangurusaatpembelajaranrendahnyaaktivitassiswabelajarkelompokmaupunpresentasikelas.Pelaksanaanpembelajaranjugadidominasiolehgurusehinggasiswajadipasifdalambelajar.DaridokumentasihasilbelajarjugaterungkaphasilbelajarIPSsiswayangrendahkarenabelummemenuhiKKMIPSyangditetapkan.KurangnyaterlibatnyasiswadalamprosespembelajarandianggapsebagaisalahsatudampakrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarIPS.Permasalahaninidapatdiatasidenganmemberikankesempatankepadasiswauntukmencaridanmenemukankonsep-konsepIPSdalamprosespembelajaranmelaluipenerapanpendekatanSAVIberbantuanvideopembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpeningkatanpenerapanpendekatanSAVIberbantuanvideopembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNISananWonogiri.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangmeliputibeberapatahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanbersamaanobservasidanrefleksi.ProsesPTKdilaksanakandalamduasiklusyangmasing-masingsiklusdilakukansebanyaktigapertemuan.PenelitianinidilaksanakandiSDNISananWonogiridengansubjekpenelitian14siswakelasIVtahunpelajaran2015/2016.Pengumpulandatadiperolehdarirekappraktikpembelajaranobservasiteshasilbelajarcatatanlapangandanwawancara.HasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanpendekatanSAVIberbantuanvideopembelajarandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNISananWonogiri.AktivitassiswapadasiklusImasihpadakriteriakurangbaik(6429%)danpadasiklusIIaktivitassiswameningkatmenjadikriteriabaik(8571%).SementarauntukhasilbelajarsiswapadasiklusImenunjukanhanya10siswa(7143%)tuntasbelajardanpadasiklusIImeningkatmenjadi12siswa(8571%)tuntasbelajar.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanpeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswaterjadikarenapenerapanpendekatanSAVIberbantuanvideopembelajaran.GurudisarankanmerancangpersiapapembelajaransecaramatangdalammenerapkanpendekatanSAVIberbantuanvideopembelajaran.Guruperlumenyiapkanvideopembelajaranyangmenyenangkandanakanlebihbaikjikasemuavideopembelajarantersebutdibuatsendirioehguru.Gurusebaiknyamenganalisiskonsepyangberkaitandenganmateriyangakandiajarkansebelumnyamerancangstrategipembelajaranyangdisesuaikandengankarakteristikmaterinyasertamerangsangaktivitasbelajarsiswasecaramaksimaluntukmenemukansendirikonsepyanghendakdipelajari.PenelitiselanjutnyadiharapkanmelakukanpenelitianpadakelasmatapelajaranmaupunKDyangberbedaagardapatmengujipendekatanSAVIdenganberbantuanvideopembelajarandalammeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.