Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan thinking map terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Lolak, Bolaang Mongondow / Jeneri Pintubatu
Main Author: | Pintubatu, Jeneri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62885/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPintubatuJeneri.2015.PengaruhModelInkuiriTerbimbingBerbantuanThinkingMapterhadapHasilBelajarSiswaSMPNegeri1LolakBolaangMogondow.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(2)DrMuhardjitoM.S.Katakuncimodelinkuiriterbimbingthinkingmaphasilbelajar.Hasilbelajarsiswamerupakansuatuinteraksitindakdaribelajardantindakdarimengajar.Hasilbelajarmencakuphasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotorik.Dalamprosesbelajarseringterjadiketidaktuntasandalamhalkognitifafektifdanpsikomotorik.Haltersebutkarenamodelpembelajaranyangdigunakangurukurangtepatdantidakinovatifguruhanyafokuspadapenyerapankontenpembelajaraanmelaluimenghafalbukanmelaluiprosesberpikirsiswatidakdilatihdandiberdayagunakandalamprosesberpikirdalammemecahkanpermasalah.OlehsebabituuntukmengotimalkanpembelajaranmateriinteraksimakhlukhiduplingkungansiswakelasVIISMPNegeri1LolakBolaangMongondowdiperlukanpenerapanmodelpembelajaranyangtepatdaninovatif.Modelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinkingmap.Tujuanpenelitianiniuntuk1)mengetahuiperbedaanmodelinkuiriterbimbingberbantuanthinkingmapterhadaphasilbelajarsiswa2)mengetahuihubunganmodelpembelajarandandenganthinkingmapsiswadenganhasilbelajardan3)BagaimanaketerlaksanaanprosespembelajaranmodelinkuiriterbimbingberbantuanthinkingmapdanmodelinkuirikonfirmasipadamateriinteraksimakhlukhidupdanlingkungandiSMPNegeri1LolakPenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganbeberapaalasanyaitu(1)mengujihipotesistentangpengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinkingmapterhadaphasilbelajarsiswa(2)datadalampenelitianberupaangka(3)datapenelitiandianalisisdenganmenggunakanuji-tdan(4)mendeskripsikanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinkingmap.RancanganPenelitianadalahkuasieksperimendengandesainpostestonlycontrolgroupdesign.PopulasiPenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri1Lolaksemestergenap.Sampelterdiriatasduakelasyaitukelasmasing-masingkelasberjumlah25siswa.Kelas7Asebagaikelaseksperimensedangkankelaskontrol7B.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanyangsignifikanpenggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinkingmapdibandingkandenganinkuirikonfirmasiuntukhasilbelajarkognitifyaitutarafsignifikan945005danthitung2841.(2)Adaketerkaitanantarahasilbelajardenganthinkingmapyangdibuatsiswaditunjukkanpadanilaiyanghasilbelajarkognitifyangtinggijugamemilikipolaketerampilanberpikiryangtinggi.(3)Keterlaksanaanpembelajaranmodelinkuiriterbimbingberbantuanthinkingmapdaninkuirikonfirmasiterlaksanadenganbaikterjadinyaprosesbelajaryangkontruktivis.