Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap penguasaan konsep dan ketrampilan proses IPA kelas VII di SMP Negeri 2 Passi Kabupaten Bolaang Mongondow / Rahman Laoh

Main Author: Laoh, Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62880/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLaohRahman.2015.PengaruhModelInkuiriTerbimbingberbantuanJurnalBelajarterhadapPenguasaanKonsepdanKeterampilanProsesIPAKelasVIIDiSMPNegeri2PassiKabupatenBolaangMongondow.TesisProgramPascasarjanaProgramStudiPendidikanDasarIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dra.SriRahayuM.EdPh.DKatakunciModelinkuiriTerbimbingJurnalBelajarPenguasaankonsepketerampilanprosesIPA.SalahsatuupayapembenahanpendidikandiIndonesiaadalahdengandikembangkannyaKurikulum2013dimanakurikuluminilebihmenekankanpadapengembangankompetensipengetahuanketerampilandansikap.Salahsatuhalyangterdapatdalamkurikulum2013adalahbagaimanagurudapatmengembangkanstrategipembelajarandidalamkelas.BeberapastrategitelahdilakukannamunpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAmasihtergolongrendah.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAsiswapadapembelajarandenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudimanadesainpenelitiannyaadalahpostestonlycontrolgroupdesign.TekniksamplingyangdigunakanadalahClustersampling.SampelpenelitianiniterdiridariduakelasdenganpopulasikelasVIISMPNegeri2PassiKabupatenBolaangMongondow.DatapenelitianiniadalahhasilpostestpenguasaankonsepdandataobservasiketerampilanprosesIPA.HasilpenelitianmenunjukanbahwaadaperbedaanyangsignifikandalampenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPApadapembelajarandenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardibandingkandenganpembelajaranmodelinkuiriterbimbing.Hasilujituntukpenguasaankonsepmenunjukannilaithitung2256.Nilaiinilebihtinggidarinilaidaritarafnyata945005dengannilai2002.Demikianjugauntukuji-tpadaketerampilanprosessainsdidapatkannilaithitung2548.Nilaitersebutlebihtinggidarinilaitarafnyata945005dengannilai2002.BerdasarkanhasiltemuandapatdisimpulkanpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAsiswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajarlebihtinggidibandingkandenganpembelajaranmodelinkuiriterbimbingdanhasilpenelitianinidapatdigunakandalamprosespembelajaran.