Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap penguasaan konsep dan ketrampilan proses IPA kelas VII di SMP Negeri 2 Passi Kabupaten Bolaang Mongondow / Rahman Laoh
Main Author: | Laoh, Rahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62880/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLaohRahman.2015.PengaruhModelInkuiriTerbimbingberbantuanJurnalBelajarterhadapPenguasaanKonsepdanKeterampilanProsesIPAKelasVIIDiSMPNegeri2PassiKabupatenBolaangMongondow.TesisProgramPascasarjanaProgramStudiPendidikanDasarIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dra.SriRahayuM.EdPh.DKatakunciModelinkuiriTerbimbingJurnalBelajarPenguasaankonsepketerampilanprosesIPA.SalahsatuupayapembenahanpendidikandiIndonesiaadalahdengandikembangkannyaKurikulum2013dimanakurikuluminilebihmenekankanpadapengembangankompetensipengetahuanketerampilandansikap.Salahsatuhalyangterdapatdalamkurikulum2013adalahbagaimanagurudapatmengembangkanstrategipembelajarandidalamkelas.BeberapastrategitelahdilakukannamunpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAmasihtergolongrendah.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAsiswapadapembelajarandenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudimanadesainpenelitiannyaadalahpostestonlycontrolgroupdesign.TekniksamplingyangdigunakanadalahClustersampling.SampelpenelitianiniterdiridariduakelasdenganpopulasikelasVIISMPNegeri2PassiKabupatenBolaangMongondow.DatapenelitianiniadalahhasilpostestpenguasaankonsepdandataobservasiketerampilanprosesIPA.HasilpenelitianmenunjukanbahwaadaperbedaanyangsignifikandalampenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPApadapembelajarandenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardibandingkandenganpembelajaranmodelinkuiriterbimbing.Hasilujituntukpenguasaankonsepmenunjukannilaithitung2256.Nilaiinilebihtinggidarinilaidaritarafnyata945005dengannilai2002.Demikianjugauntukuji-tpadaketerampilanprosessainsdidapatkannilaithitung2548.Nilaitersebutlebihtinggidarinilaitarafnyata945005dengannilai2002.BerdasarkanhasiltemuandapatdisimpulkanpenguasaankonsepdanketerampilanprosesIPAsiswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajarlebihtinggidibandingkandenganpembelajaranmodelinkuiriterbimbingdanhasilpenelitianinidapatdigunakandalamprosespembelajaran.