Kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi di kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanh laut) / Muhammad Wahyu

Main Author: Wahyu, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62854/
Daftar Isi:
  • ABSRTRAKWahyuMuhammad.2015.KolaborasiPembelajaranKooperatifTipeQuiz-QuizTradedanFanNPickuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPS(StudidiKelasVIIISMPNegeri3Bati-BatiKabupatenTanahLaut).TesisProgramstudiPendidikanDasar(Kons.IPS)PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Sidan(II)Dr.AchmadAmirudinM.PdKatakunciQuiz-QuizTradeFanNPickhasilbelajarmotivasibelajarHasilPengamatanpadawaktupembelajaranIPSkelasVIIIdiSMPNegeri3Bati-BatidiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalyaituceramahmotivasisiswadalammengikutipembelajaranIPSsangatrendahdanhasilbelajarIPSrendah.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaankolaborasimodelpembelajarankooperatiftipequiz-quiztradedanfannpickuntukmeningkatkanhasilbelajarIlmuPengetahuanSosialdanmotivasibelajarpadasiswakelasVIIISMPNegeri3Bati-bati.Keduamodelinisalingmendukungsatusamalainnamuntetapterpisahdantidakmenjadisuatumodelyangbaru.PenelitianinitermasukjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakananalisisdeskriptifkualitatifdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri3Bati-batitahunajaran2014/2015yangberjumlah24siswadandilaksanakandengan2siklus.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)hasilobservasikegiatanguru(2)hasilobservasikegiatansiswa(3)Teshasilbelajardan(4)angketmotivasibelajarsiswa.HasilPenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanpembelajarankooperatifkolaborasitipeQuiz-QuizTradedanFanNPickdapatmeningkatkanhasilbelajardarisiklusIkesiklusII(2)motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklus1kesiklusII(3)Adapunmasalah-masalahyangdihadapidalampenelitianiniadalah(a)banyaksiswayangtidakmemperhatikanpelajaranpadasiklusI(b)waktuyangdigunakantidaksesuaidenganyangdirencanakanpadasiklusI(c)kelasmenjadiramaidangaduh.Permasalahan-permasalahantersebutsudahbisadiatasipadasiklusIIsehingggapembelajaranbisaberjalanlancardansesuaidenganyangdirencanakan.Saranyangdiberikanadalah(1)penerapankolaborasimodelQuiz-QuizTradedanFanNPickmembutuhkanpengelolaanwaktuyangbaiksehinggadalampembelajaranlebihefektifkarenamodelpembelajaraninimelibatkansiswasecaraaktif.(2)HarusmenguasaipengelolaankelasmenggunakanmodelpembelajarankooperatifQuiz-QuizTradedanFanNPickdenganbaiksehinggasiswaaktifdanlancardalampembelajarandenganmenggunakanmodelini(3)lebihmemperhatikankepadakemampuansiswadalampengelolaantanggungjawabpribadisehinggamenumbuhkankesadaranakanpentingnyakeberhasilanyangdicapaibersama.