Kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi di kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanh laut) / Muhammad Wahyu
Main Author: | Wahyu, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62854/ |
Daftar Isi:
- ABSRTRAKWahyuMuhammad.2015.KolaborasiPembelajaranKooperatifTipeQuiz-QuizTradedanFanNPickuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPS(StudidiKelasVIIISMPNegeri3Bati-BatiKabupatenTanahLaut).TesisProgramstudiPendidikanDasar(Kons.IPS)PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Sidan(II)Dr.AchmadAmirudinM.PdKatakunciQuiz-QuizTradeFanNPickhasilbelajarmotivasibelajarHasilPengamatanpadawaktupembelajaranIPSkelasVIIIdiSMPNegeri3Bati-BatidiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalyaituceramahmotivasisiswadalammengikutipembelajaranIPSsangatrendahdanhasilbelajarIPSrendah.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaankolaborasimodelpembelajarankooperatiftipequiz-quiztradedanfannpickuntukmeningkatkanhasilbelajarIlmuPengetahuanSosialdanmotivasibelajarpadasiswakelasVIIISMPNegeri3Bati-bati.Keduamodelinisalingmendukungsatusamalainnamuntetapterpisahdantidakmenjadisuatumodelyangbaru.PenelitianinitermasukjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakananalisisdeskriptifkualitatifdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri3Bati-batitahunajaran2014/2015yangberjumlah24siswadandilaksanakandengan2siklus.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)hasilobservasikegiatanguru(2)hasilobservasikegiatansiswa(3)Teshasilbelajardan(4)angketmotivasibelajarsiswa.HasilPenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanpembelajarankooperatifkolaborasitipeQuiz-QuizTradedanFanNPickdapatmeningkatkanhasilbelajardarisiklusIkesiklusII(2)motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklus1kesiklusII(3)Adapunmasalah-masalahyangdihadapidalampenelitianiniadalah(a)banyaksiswayangtidakmemperhatikanpelajaranpadasiklusI(b)waktuyangdigunakantidaksesuaidenganyangdirencanakanpadasiklusI(c)kelasmenjadiramaidangaduh.Permasalahan-permasalahantersebutsudahbisadiatasipadasiklusIIsehingggapembelajaranbisaberjalanlancardansesuaidenganyangdirencanakan.Saranyangdiberikanadalah(1)penerapankolaborasimodelQuiz-QuizTradedanFanNPickmembutuhkanpengelolaanwaktuyangbaiksehinggadalampembelajaranlebihefektifkarenamodelpembelajaraninimelibatkansiswasecaraaktif.(2)HarusmenguasaipengelolaankelasmenggunakanmodelpembelajarankooperatifQuiz-QuizTradedanFanNPickdenganbaiksehinggasiswaaktifdanlancardalampembelajarandenganmenggunakanmodelini(3)lebihmemperhatikankepadakemampuansiswadalampengelolaantanggungjawabpribadisehinggamenumbuhkankesadaranakanpentingnyakeberhasilanyangdicapaibersama.