Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA siswa SMP kelas VII pada pengetahuan awal berbeda / Hairani
Main Author: | Hairani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62840/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHairani2015.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingberbantuanMindMappingterhadapKeterampilanProsesSainsdanPrestasiBelajarIPASiswaSMPKelasVIIpadaPengetahuanAwalBerbeda.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.SupriyonoKoesHandayantoM.Pd.M.A.KataKunciinkuiriterbimbingmindmappingketerampilanprosessainsprestasibelajarIPApengetahuanawalPembelajaranIPAsesuaidenganhakikatnyadibelajarkandenganinkuiri.Pembelajarandenganinkuiridapatmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaran.Pembelajaranaktifdapatmendorongterjadinyapembelajaranbermaknayaitupembelajaranyangmemberipengalamankepadasiswadandapatmeningkatkanketerampilanprosessainssertaprestasibelajarsiswa.UntuksiswaSMPinkuiriyangcocokuntukditerapkanyaituinkuiriterbimbing.ProsesInkuiriterbimbinginidapatoptimalapabilaadatahapanyangmengaktifkanpemikiransiswa.Alatbantuyangdapatdigunakanuntukhaltersebutadalahmindmapping.Mindmappingjugadapatmengaktifkanpengetahuanawalmemungkinkanuntukmenyusunfaktasertamengatasikesulitansiswadalammenghubungkanbeberapakonsep.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingterhadapketerampilanprosessainsdanprestasibelajarIPApadapengetahuanawalberbeda.Penelitiankuasieksperimeninimenggunakanrancanganfaktorial2x3.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPN2Mukokyangterdiridaritigakelas.Ketigakelastersebutjugasecaraotomatismenjadisampelpenelitiankarenapadapenelitianinidigunakantigakelasdalamperlakuanpembelajaran.DatapengetahuanawalsiswadiperolehmelaluitespengetahuanawaldataketerampilanprosessainsdiperolehmenggunakantesketerampilanprosessainsdantesperformancedandataprestasibelajarIPAdiperolehmenggunakantesprestasibelajarIPA.Hasilujireliabilitaspadatespengetahuanawaldiperolehri0716padatesketerampilanprosessainsdiperolehri0602danpadatesprestasibelajarIPAdiperolehri0608.DatadianalisisdenganteknikMANOVAduajalur2x3padatarafsignifikansi61537005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanketerampilanprosessainsantarasiswayangdibelalajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingdanmodelpembelajaranlangsung(2)adaperbedaanketerampilanprosessainsantarasiswadenganpengetahuanawalberbeda(3)adainteraksiantaramodelpembelajarandanpengetahuanawalterhadapketerampilanprosessains(4)adaperbedaanprestasibelajarIPAantarasiswayangdibelalajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingdanmodelpembelajaranlangsung(5)adaperbedaanprestasibelajarIPAantarasiswadenganpengetahuanawalberbedadan(6)adainteraksiantaramodelpembelajarandanpengetahuanawalterhadapprestasibelajarIPA.