Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS berbantuan multimedia di kelas IV dan V SDN Banjarbaru Utara 2 / Normalasari
Main Author: | Normalasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62825/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNormalasari.2015.PersepsiSiswaTerhadapProsesPembelajaranIPSBerbantuanMultimediadiKelasIVdanVSDNBanjarbaruUtara2.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.RuminiatiM.Si.(2)Prof.Dr.H.PunajiSetyosariM.PdM.Ed.KataKunciPersepsisiswaProsesPembelajaranMultimediaPersepsimemilikiperananpentingdalamperkembanganberfikiranakkarenaberhubungandenganpesanatauinformasikedalamotakmanusiamelaluipersepsimanusiaterusmenerusmengadakanhubungandenganlingkungannya.Hubunganinidilakukanlewatinderanyayaituinderapenglihatpendengarperabaperasadanpencium.Menjagakesalahanpersepsidalamprosespembelajaranmakaperanmediapendidikansangatlahpentingmelaluimediasiswaakanmembangunpersepsiyangsamamultimediahadirdalamsistembelajarmengajaruntukmenyamakanpersepsidanmenjagaperhatiansiswasecaraterusmenerussehinggapenggunaanmultimediayangdibuatterhindardarigodaanyangdapatmemperlemahperhatianterhadapinformasiyangdisuguhkan.Penelitianberfokusuntukmengungkap(1)persepsisiswaterhadapprosespembelajaran(2)persepsisiswaterhadappenggunaanmultimedia(3)persepsisiswadalaminteraksipembelajaran.Kegunaanpenelitianinisangatbergunasebagaipengembanganilmudibidangpendidikandasarkhususnyauntukmengungkappersepsisiswaterhadapprosespembelajaranberbantuanmultimedia.Persepsisangatpentingdiketahuikarenadapatmenentukankualitaspembelajaranbaikantaragurusiswadansumberbelajaryanglainsehinggakeberhasilanpembelajarandapattercapaidenganbaik.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyaitudatayangdiperolehdinyatakandalamkeadaanyangsebenarnyaatausebagaimanaadanyatanpaadarekayasaataumanipulasi.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganbeberapateknikyaitu(1)observasipenelitimengamatipenuhterkaitdengantindakpembelajaranguruyangmengarahpadaprosespembelajaranberbantuanmultimedia(2)wawancaramemberikankepadasiswamengkonstruksipengalamanyangdimilikiselamaprosespembelajaran(3)dokumentasiuntukmengumpulkandatapenelitianpenelitianyangberupadokumenyangadapadainforman.Hasilpenelitianiniadalah(1)persepsisiswaterhadapprosespembelajaransangatpositifmerekamenyukaipembelajaranyangdisampaikangurutermasukpembelajaranmenggunakanmultimedia(2)persepsisiswaterhadappenggunaanmultimediaterlihatefektifhaliniterlihatdarikeantusiasansiswapadasaatpembelajarandanpenggunaanmultimediamenjadikansiswamemahamiteknologi(3)persepsisiswadalaminteraksipembelajaranmultimediasangatbagusdansiswamelakukankegiatanpembelajaransecaraklasikalindividudanberkelompokdengandemikianmediaberfungsiuntukmerangsangsiswaberaktivitasdangurudiharapkanmengembangkanmediapembelajaranyangbervariasiuntukmemperbaikidanmeningkatkanprosespembelajaran.