Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS berbantuan multimedia di kelas IV dan V SDN Banjarbaru Utara 2 / Normalasari

Main Author: Normalasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62825/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNormalasari.2015.PersepsiSiswaTerhadapProsesPembelajaranIPSBerbantuanMultimediadiKelasIVdanVSDNBanjarbaruUtara2.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.RuminiatiM.Si.(2)Prof.Dr.H.PunajiSetyosariM.PdM.Ed.KataKunciPersepsisiswaProsesPembelajaranMultimediaPersepsimemilikiperananpentingdalamperkembanganberfikiranakkarenaberhubungandenganpesanatauinformasikedalamotakmanusiamelaluipersepsimanusiaterusmenerusmengadakanhubungandenganlingkungannya.Hubunganinidilakukanlewatinderanyayaituinderapenglihatpendengarperabaperasadanpencium.Menjagakesalahanpersepsidalamprosespembelajaranmakaperanmediapendidikansangatlahpentingmelaluimediasiswaakanmembangunpersepsiyangsamamultimediahadirdalamsistembelajarmengajaruntukmenyamakanpersepsidanmenjagaperhatiansiswasecaraterusmenerussehinggapenggunaanmultimediayangdibuatterhindardarigodaanyangdapatmemperlemahperhatianterhadapinformasiyangdisuguhkan.Penelitianberfokusuntukmengungkap(1)persepsisiswaterhadapprosespembelajaran(2)persepsisiswaterhadappenggunaanmultimedia(3)persepsisiswadalaminteraksipembelajaran.Kegunaanpenelitianinisangatbergunasebagaipengembanganilmudibidangpendidikandasarkhususnyauntukmengungkappersepsisiswaterhadapprosespembelajaranberbantuanmultimedia.Persepsisangatpentingdiketahuikarenadapatmenentukankualitaspembelajaranbaikantaragurusiswadansumberbelajaryanglainsehinggakeberhasilanpembelajarandapattercapaidenganbaik.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyaitudatayangdiperolehdinyatakandalamkeadaanyangsebenarnyaatausebagaimanaadanyatanpaadarekayasaataumanipulasi.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganbeberapateknikyaitu(1)observasipenelitimengamatipenuhterkaitdengantindakpembelajaranguruyangmengarahpadaprosespembelajaranberbantuanmultimedia(2)wawancaramemberikankepadasiswamengkonstruksipengalamanyangdimilikiselamaprosespembelajaran(3)dokumentasiuntukmengumpulkandatapenelitianpenelitianyangberupadokumenyangadapadainforman.Hasilpenelitianiniadalah(1)persepsisiswaterhadapprosespembelajaransangatpositifmerekamenyukaipembelajaranyangdisampaikangurutermasukpembelajaranmenggunakanmultimedia(2)persepsisiswaterhadappenggunaanmultimediaterlihatefektifhaliniterlihatdarikeantusiasansiswapadasaatpembelajarandanpenggunaanmultimediamenjadikansiswamemahamiteknologi(3)persepsisiswadalaminteraksipembelajaranmultimediasangatbagusdansiswamelakukankegiatanpembelajaransecaraklasikalindividudanberkelompokdengandemikianmediaberfungsiuntukmerangsangsiswaberaktivitasdangurudiharapkanmengembangkanmediapembelajaranyangbervariasiuntukmemperbaikidanmeningkatkanprosespembelajaran.