Pengembangan asesmen autentik pada siswa kelas IV SDN Ngijo 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Falistya Roisatul Mar'atinN

Main Author: Nuro, Falistya Roisatul Mar'atin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62823/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNuroFalistyaRoisatulM2015.PengembanganAsesmenAutentikPadaKelasIVSDNNgijo03KecamatanKarangplosoKabupatenMalang.TesisJurusanPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd(II)Dr.TitikHarsiatiM.PdKataKunciasesmenautentikasesmenkinerjaasesmenproyeksekolahdasarPengembanganasesmenautentikdidasarkanpadapermasalahanpenilaianyangterjadidikelas.Permasalahyangtimbuladalahtidakadanyadeskriptorpenilaianyangjelassehinggaketikapenilaianguruterkadangbersifatsubjektif.Banyaknyasikapyangdinilaimembuatgurumerasakurangbisamelakukanpenilaiansecaramaksimal.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahsebagaiberikut.(1)menghasilkanperangkatasesmenautentikpadakelasIVdan(2)melakukanujikelayakanprodukmeliputitingkatvaliditasreliabilitasdankepraktisan.SpesifikasiprodukyangdiharapkandalampenelitianpengembanganiniadalahasesmenautentikkelasIVSDNNgijo03kab.Malangyangterdiridariinstrumenasesmenautentikdilengkapidenganpedomaninstrumenasesmenautentik.ModelyangdigunakandalampengembanganOMalleyPierce(199617-19)yaitu(1)menentukantujuandariasesmenautentik(2)spesifikasiproduk(3)melakukanpengembanganprofesionalpadaasesmenautentik(4)mengkajipenelitianterdahulumengenaiasesmenautentik(5)mengadaptasiasesmenyangadaataumengembangkanyangbaru(6)mencobaasesmen(7)revisiasesmen.Hasilvalidasiolehahlievaluasiadalah80%denganpencapaiansangatvalid.Presentasehasilvalidasiolehahlimateriadalah75%denganpencapaiansangatvalid.Presentasehasilvalidasiolehahlisikapadalah97%denganpencapaiansangatvalid.Ketigahasilvalidasiahlimenunjukkanbahwaketiganyamenunjukkanpencapaiansangatvalid.Hasilreliabilitaspadasubtema2adalah0.718.Hasilreliabilitassubtema3adalah0.769.Hasilproyekkelasadalah0.712.Hasilyangsudahdituliskandiatassemualebihbesardarirminimum.Dengandemikiandapatdiperolehkesimpulaninstrumentasesmenbersifatreliabel.Hasilpraktisanguruadalah88dengankategoritinggisedangkanhasilkepraktisanpadasiswaadalah90dengankategoritinggi.Kekuataninstrumenasesmenautentikyangtelahdikembangkanadalah(1)deskriptorpadarubriksikapdijabarkansecaraoperasional(2)asesmenautentikdikemasdenganbentukmenyenangkanmelaluikegiatanpermainanulartanggaceritabersambungdankomik(3)instrumenasesmendisertaibukupanduanuntukgurubukupanduangurudikemaspraktisdanmudahdigunakandenganukuranA5(4)menggunakanmediayangsederhana.Selainmemilikikelebihaninstrumenasesmenautentikjugamemilikikelemahan.Kelemahandariasesmenautentikadalahprosespengkoreksianhasiljawabansiswamembutuhkanwaktuyanglamakarenamembutuhkanketelitiandankegiatanpembelajaranmembutuhkanpengelolaanwaktuyangtepatagartercapainyapenilaianyangsesuaidenganrencana