Penerapan model pembelajaran fan n pick dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa / Muhammad Mushfi El Iq Bali

Main Author: Bali, Muhammad Mushfi El Iq
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62821/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBaliMuhammadMushfiElIq.2015.PenerapanModelPembelajaranFanNPickdanTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPSSiswa.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si(II)Dr.IMadeSuardanaS.PdM.PdKataKunciPenerapanModelPembelajaranFanNPickTwoStayTwoStrayAkselerasiperkembanganilmupengetahuandanteknologimemberikandampakpositifataunegatifterhadapperilakumanusiasalahsatunyadibidangpendidikan.Banyaknyapenyimpangansosialyangterjadidimasyarakatterutamakalangansiswamenjadibuktiakankurangnyapenanamanketerampilansosialsehinggaberdampakpulapadamenurunnyahasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarsiswakelasIVmelaluipenerapanmodelpembelajaranFanNPickdanTwoStayTwoStray.PenerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickkolaborasiTwoStayTwoStraydipandangsesuaiuntukmengatasipermasalahantersebut.Desainpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilaksanakandiSDNMergosonoIMalang.Dalampenelitiankolaboratifinipenelitibertindaksebagaipengamatpengumpuldatapenganalisadanpelaporanperancangtindakandangurusebagaipelaksanatindakan.SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasIVAsemestergenaptahunajaran2014-2015yangberjumlah40siswaterdiriatas23siswalaki-laki(1siswaABK)dan17siswaperempuan.Instrumenpengumpulandatamenggunakanobservasiaktivitasgurudansiswatesakhirsiklusdanwawancara.BerdasarkanhasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraypadakelasIVAdiSDNMergosonoIMalangdapatdisimpulkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranolehgurupadasiklusIsebesar73%menjadi94%padasiklusIImengalamipeningkatansebanyak21%.Sedangkanketerlaksanaanpembelajaranolehsiswamencapai70%padasiklusImengalamipeningkatansebesar15%sehinggapadasiklusIIdiperoleh85%(2)keterampilansosialsiswameningkathasilobservasimenunjukkanangkaketercapaianklasikalmencapai67%padasiklusIdan92%padasiklusIIperolehantersebutmengalamipeningkatansebesar25%dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil(3)hasilbelajarIPSjugamengalamipeningkatan.Hasiltesakhirmenunjukkanangkaketuntasanklasikalmencapai69%padasiklusImeningkatmenjadi95%padasiklusIIperolehantersebutmengalamipeningkatansebesar26%dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil.Saranyangdiajukanpenelitiyaitu(1)modelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraydapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagigurudalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswa(2)penerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraydapatdikombinasikanataudikolaborasikandenganmodel-modelpembelajarankooperatiflainnyayangbersifatpermainandandisertaipemberianpenghargaansehinggapembelajaranlebihmenyenangkandanmenarikbagisiswa(3)dalamprosespembelajaranhendaknyagurumenjelaskansecaraterperincisintaksmodelpembelajarankooperatifFanNPickmelaluiilustrasididepansiswasehinggasiswatidakkebingunganpadawaktumelakukanpermainankartusoal(4)untukmeminimalisirkeributanantarsiswaketikapenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStrayhendaknyapembentukankelompokpengaturantempatdudukdanpenentuantugasanggotakelompokditentukanolehguru.