Penerapan model pembelajaran fan n pick dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa / Muhammad Mushfi El Iq Bali
Main Author: | Bali, Muhammad Mushfi El Iq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62821/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBaliMuhammadMushfiElIq.2015.PenerapanModelPembelajaranFanNPickdanTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPSSiswa.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si(II)Dr.IMadeSuardanaS.PdM.PdKataKunciPenerapanModelPembelajaranFanNPickTwoStayTwoStrayAkselerasiperkembanganilmupengetahuandanteknologimemberikandampakpositifataunegatifterhadapperilakumanusiasalahsatunyadibidangpendidikan.Banyaknyapenyimpangansosialyangterjadidimasyarakatterutamakalangansiswamenjadibuktiakankurangnyapenanamanketerampilansosialsehinggaberdampakpulapadamenurunnyahasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarsiswakelasIVmelaluipenerapanmodelpembelajaranFanNPickdanTwoStayTwoStray.PenerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickkolaborasiTwoStayTwoStraydipandangsesuaiuntukmengatasipermasalahantersebut.Desainpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilaksanakandiSDNMergosonoIMalang.Dalampenelitiankolaboratifinipenelitibertindaksebagaipengamatpengumpuldatapenganalisadanpelaporanperancangtindakandangurusebagaipelaksanatindakan.SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasIVAsemestergenaptahunajaran2014-2015yangberjumlah40siswaterdiriatas23siswalaki-laki(1siswaABK)dan17siswaperempuan.Instrumenpengumpulandatamenggunakanobservasiaktivitasgurudansiswatesakhirsiklusdanwawancara.BerdasarkanhasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraypadakelasIVAdiSDNMergosonoIMalangdapatdisimpulkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranolehgurupadasiklusIsebesar73%menjadi94%padasiklusIImengalamipeningkatansebanyak21%.Sedangkanketerlaksanaanpembelajaranolehsiswamencapai70%padasiklusImengalamipeningkatansebesar15%sehinggapadasiklusIIdiperoleh85%(2)keterampilansosialsiswameningkathasilobservasimenunjukkanangkaketercapaianklasikalmencapai67%padasiklusIdan92%padasiklusIIperolehantersebutmengalamipeningkatansebesar25%dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil(3)hasilbelajarIPSjugamengalamipeningkatan.Hasiltesakhirmenunjukkanangkaketuntasanklasikalmencapai69%padasiklusImeningkatmenjadi95%padasiklusIIperolehantersebutmengalamipeningkatansebesar26%dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil.Saranyangdiajukanpenelitiyaitu(1)modelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraydapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagigurudalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswa(2)penerapanmodelpembelajarankooperatifFanNPickdanTwoStayTwoStraydapatdikombinasikanataudikolaborasikandenganmodel-modelpembelajarankooperatiflainnyayangbersifatpermainandandisertaipemberianpenghargaansehinggapembelajaranlebihmenyenangkandanmenarikbagisiswa(3)dalamprosespembelajaranhendaknyagurumenjelaskansecaraterperincisintaksmodelpembelajarankooperatifFanNPickmelaluiilustrasididepansiswasehinggasiswatidakkebingunganpadawaktumelakukanpermainankartusoal(4)untukmeminimalisirkeributanantarsiswaketikapenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStrayhendaknyapembentukankelompokpengaturantempatdudukdanpenentuantugasanggotakelompokditentukanolehguru.