Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi luas bangun datar siswa kelas VI SD / Wiwin Sudarmawan
Main Author: | Sudarmawan, Wiwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62819/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSudarmawanWiwin.2015.PembelajaranMatematikaRealistikuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarMateriLuasBangunDatarSiswaSDKelasVI.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdyBambangIrawanM.Pd.(II)Dr.M.RamliM.A.KatakuncipembelajaranmatematikarealistikaktivitashasilbelajarHasilbelajarmatematikamateriluasbangundatarsiswakelasVISDNegeriJetakSentoloKulonProgoTahunajaran2014/2015masihrendah.Berdasarkanhasilobservasigurusaatpembelajaranmasihmenggunakanmetodekonvensionaldantidakmelibatkanaktivitassiswa.Pembelajarankonvensionalmentransferpengetahuandenganberlatihdanmencatat.PembelajaranyangdilakukanbelumberpusatpadasiswadantidakmengaitkandengandunianyatasebagailandasanberpikiranakSD.Pembelajaranmerupakansalahsatuaktivitasmanusiaagarefektifdiperlukanpembelajaranyangvariatif.PembelajaranMatematikaRealistikdapatdijadikanalternatifuntukmembelajarkanmatematikaagarmasalahlebihnyatadanpersoalanmudahdiselesaikan.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Untukmengetahuihasilnyapenelitimelakukanpengamatanaktivitaspembelajaranpadagurudansiswaselainitudilakukantespadaakhirsiklus.PembelajaranMatematikaRealistikpadapenelitianinimenggunakan3langkahPertamaKegiatanAwalyaitupembukaanKeduaKegiatanIntiyangberisilangkah-langkahpembelajaranmatematikarealistik(1)memahamimasalahkontekstual(2)menyelesaikanmasalahkontekstual(3)membandingkandanmendiskusikanjawabandan(4)menyimpulkan.KetigaPenutupdenganpesananakrajinbelajaragarnilainyameningkat.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitiandilaksanakansejakbulanOktober2014sampaibulanMaret2015diSDNegeriJetakSentoloKulonProgo.PTKinidilaksanakanduasiklusmenggunakanmodelKemmisdanMcTaggartyangmeliputitahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasi/evaluasidanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanAktivitasBelajarsiswadarisiklusIsebesar75%menjadi781%padasiklusII.AktivitaspembelajaranyangdilakukangurujugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar92%menjadi942%.HasilpenelitianHasilBelajarterjadipeningkatandarisiklusInilairata-rata694denganketuntasanbelajar53%menjadi808ketuntasanbelajar825%padasiklusII.Ketertarikansiswadilihatdarihasilangketsiswamerasasenang.Hasilcatatanlapanganpadaaktivitasgurudansiswamenunjukkanpembelajaraninimelakukansintakpembelajaranmatematikarealistik.Hasilwawancaramenunjukkanbahwasiswamenyenangipembelajaranini.KesimpulanpenelitianiniadalahPembelajaranMatematikaRealistikdapatMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarMateriLuasBangunDatarSiswaSDKelasVI.SaranyangdapatpenulissampaikankepadaKepalaSekolahdanguruagarmendesainpembelajaranmatematikarealistiklebihinovatifdanmudahmemahamkananak.