Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), PBL berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) (studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kepanjen Malang) / Evi Nurul Qomariyah
Main Author: | Qomariyah, Evi Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62815/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKQomariyahEviNurul.2015.PerbedaanKemampuanBerpikirKritisSiswaPadaMataPelajaranIPSdenganModelProblemBasedLearning(PBL)PBLBerbasisScienceEnvironmentTechnologyAndSociety(SETS)(StudiPadaSiswaKelasVIISMPNegeri1Kepanjen).Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPSPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si(II)Prof.Dr.AnangSantosoM.PdKatakunciProblemBasedLearning(PBL)SETSkemampuanberpikirkritisMemasukieraglobalperkembanganilmupengetahuansertateknologikhususnyadibidanginformasidankomunikasitumbuhsangatpesatsehinggapersainganhidupjugamakinketat.Ketatnyapersainganiniharusdiimbangidengankecakapanhidup(lifeskill)yangtinggi.Salahsatukecakapanhidupyangcukuppentingadalahkemampuanberpikirkritis.Kemampuanberpikirkritissangatpentingdandiperlukandalamkehidupankarenaketerampilaninimemungkinkansiswauntukmempelajarimasalahsecarasistematismenghadapibanyakrintangandengancarayangterorganisasimerumuskanpertanyaaninovatifdanmerancangsolusiyangtepatataspermasalahanyangdihadapi.Dalamupayamenumbuhkankemampuanberpikirkritissiswadiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmerangsangdanmelatihsiswadalamberpikirkritis.SalahsatumodelpembelajaranyangdianggapmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaadalahmodelProblemBasedLearning(PBL)danpendekatanScienceEnvironmentTechnologyandSociety(SETS).AgarhasilkemampuanberpikirkritissiswadapatmeningkatlebihoptimalmakadalampenelitianiniPBLditerapkandenganberbasispendekatanSETS.PBLBerbasisSETSinidiharapkandapatmenumbuhkandanmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Tujuandilaksanakannyapenelitianiniadalahuntukmenganalisis(1)adatidaknyaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLberbasisSETSdanmodelpembelajaranPBL(2)adatidaknyaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLberbasisSETSdanmodelpembelajarankonvensionaldan(3)adatidaknyaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLdanmodelpembelajarankonvensional.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasieksperimen)dengandesainpretest-postestcontrolgroupdesign.subjekdalampenelitianiniterdiridari3kelasyaitukelasVIIAVIIDdanVIIFyangmasing-masingberjumlah36siswa.Kelaseksperimen1menggunakanmodelpembelajaranPBLBerbasisSETSkelaseksperimen2menggunakanmodelpembelajaranPBLdankelaskontrolmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.ModelpembelajaranPBLBerbasisSETSPBLdankonvensionalmerupakanvariabelbebassedangkankemampuanberpikirkritissiswaadalahvariabelterikatnya.PengujiannormalitasdatamenggunakanteknikKolmogorov-SmirnovdanhomogenitasdatamenggunakanLevenetest.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimenggunakanOneWayAnovadenganbantuanprogramkomputerSPSS20.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLberbasisSETSdanmodelpembelajaranPBLhaliniditunjukkandengannilaisignifikansisebesar0034(2)adaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLberbasisSETSdanmodelpembelajarankonvensionaldibuktikandengannilaisignifikansi0000dan(3)adaperbedaankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranIPSdenganmodelpembelajaranPBLdanmodelpembelajarankonvensionalyangditunjukkandengannilaisignifikansi0000.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdirekomendasikanpenggunaanmodelpembelajaranPBLBerbasisSETSuntukmenumbuhkandanmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadiSMPN1Kepanjenpenggunaandisekolahlainbisadisesuaikandengankondisisekolahmasing-masing.MeskipunmodelpembelajaranPBLBerbasisSETSinimenunjukkankeberhasilandalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswatapipenggunaanmodeliniperlumemperhatikankaraktermateriyangdiajarkankarenatidaksemuamatericocokdiajarkandenganmodelpembelajaranPBLBerbasisSETS.Bagipenelitianselanjutnyaperlumemperhatikanaspeklainselainkemampuanberpikirkritissiswabanyakhallainyangdapatdiamatidanditelitisepertihasilbelajarkemampuansosialsiswamaupunkepeduliansiswaterhadaplingkungan.ModelPembelajaranPBLBerbasisSETSinijugaperludiaplikasikandenganpenggunaanberbagaimacammediapembelajaranyangvariatifagarhasilyangdidapatkanlebihmaksimal.