Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dipadu dengan Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Ngraket Kec. Balong Kab. Ponorogo) / Sigid Nurwijaya
Main Author: | Nurwijaya, Sigid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62809/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurwijayaSigid.2015.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadTogether(NHT)DipadudenganIndexCardMatch(ICM)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarIPS(StudiPadaSiswaKelasIVSDNNgraketKec.BalongKab.Ponorogo).TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.INyomanS.Degeng(II)Dr.AchmadAmirudinM.PdKataKunciNumberedHeadTogetherIndexCardMatchAktivitasHasilBelajarIPSStuditentangpenerapanpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)danpengaruhnyaterhadapaktivitasdanhasilbelajarsudahseringdilakukan.NamunpenerapanNHTdipadudenganIndexCardMatch(ICM)masihsangatsedikitdilakukan.KondisidilapanganmenunjukkanbahwatindakangurudalampembelajaranterutamamuatanIPSbelummampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.TemuanpenelitianterdahulumenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifNHTmampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsepertipenelitianyangdilakukanolehHidayati(2013)Mete(2014)danPendri(2014).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuipenerapanNHTberdipadudenganICM(2)mengetahuiaktivitasdanketuntasanhasilbelajarIPSmelaluipenerapanNHTdipadudenganICMpadamuatanIPSsiswakelasIV.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanMc.Taggartdenganduasiklusyangsetiapsiklusnyaterdiridari4tahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Kedudukanpenelitidalampenelitianinisebagaiperencanapelaksanatindakanpengumpuldatapenganalisispenafsirdatadanpelaporhasilpenelitian.KancahdansubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNNgraketKecamatanBalongKabupatenPonorogosebanyak20siswaterdiri11siswalaki-lakidan9siswaperempuan.Penelitiandilakukanmelaluiduasiklusmasing-masingsiklusterdiridari3kalipertemuantatapmukadan1kalipertemuanuntuktes.Datadikumpulkandenganteknikobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Analisisdatadilakukanmelaluitigatahapanyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanpembelajaranNHTdipaduICMtelahterlaksanadengansangatbaikgurudansiswamelaksanakanprosespembelajaransesuaiRPPyangdibuktikandenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranolehgurudansiswayangmenunjukkankategorisangatbaik.Gurumelakukanperbaikandalamsistempembelajaranmemperbaikisituasikelasdanmeningkatkanpengelolaankelas.(2)setelahpenerapanpembelajaranNHTdipaduICMaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1891%yaitudari6117%padasiklusImenjadi8008%padasiklusIIdengankategorisangataktif.(3)penerapanpembelajaranNHTdipaduICMmampumeningkatkanhasilbelajarsiswaterbuktipadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswa6890denganketuntasanklasikal7170%danpadasiklusIIrata-ratahasilbelajarsiswa7690denganketuntasanklasikal9246%.BerdasarkantemuanpenelitianmakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanpembelajaranNHTdipaduICMsebagaisalahsatualternatifdalammeningkatkankualitaspembelajaran.Guruharusmembangunhubunganyangbaikdengansiswasehinggasiswaakanmenganggapgurusebagaitemanmerekanamundengantetapmenghormatiperansebagaiguru.Selainituguruharusmemotivasisiswaagarlebihberanimenyampaikanidepikiranataupendapatmerekadalamkegiatanpembelajaran.Bagipenelitiselanjutnyasupayamelakukaninovasidalammemadukanmodel/metodepembelajarandandapatmenerapkanpembelajaranyangrelevansesuaidengankondisilatarbelakangdankaraktersiswa.8195