Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis budaya lokal pada tema tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Vivi Nur Maulidia
Main Author: | Maulidia, Vivi Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62808/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaulidiaViviNur.2015.PengembanganMultimediaPembelajaranBerbasisBudayaLokalPadaTemaTempatTinggalkuUntukSiswaKelasIVSekolahDasarTesisProdiPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.MunzilM.Si.KatakunciMultimediaBudayaLokalADDIEModel.Prosespembelajaranyangberjalanselamainibelumtampakmengakomodasimuatanyangmendekatkansiswadenganlingkungandisekitarnyasepertibudayalokalyangmenjadikeunggulandaerahnyasehinggapembelajarannyaterkesanhanyamengutamakanpengetahuanumumdanmenjauhkansiswadaribudayaaslinya.PembelajarandiSDyangberbasisbudayadapatdirancangdaripengalamanawalbudayasiswayangkemudiandikembangkanpadasebuahprosespembelajarandenganmengintegrasikanbeberapamateriyangterkaitdidalamnya.Pendekatanpembelajaransepertiinidiharapkandapatmenjembatanisiswadalammenguasaimateripelajaransebagaiupayameningkatkanapresiasinyaterhadapbudayalokal.Selainitumelaluipembelajaranyangberbasisbudayainidiharapkanakanlebihmendekatkansiswadenganbudayatempattinggalmerekasehinggaakanmenumbuhkanrasabanggabahkansemangatuntuksenantiasamelestarikanbudayatersebut.PengembanganyangditerapkanmenggunakanmodelADDIE.ModeliniterdiridarilimatahappengembanganyaituAnalysisDesignDevelopmentImplementationandEvaluations.Untukmengetahuikelayakanprodukyangdikembangkanmakadilakukanvalidasimultimediadanujicoba.Validasiyangdilakukanyaknivalidasimediavalidasimateridanvalidasipraktisi.Ujicobadilakukandalamduatahapyakniujicobakelompokkecildanujicobalapangan.Datayangdikumpulkanberupadatakuantitatifdankualitatifmelaluiinstrumenangket.Datayangdiperolehdianalisisdenganteknisanalisisrata-rata.Datakuantitatifdiperolehmelaluiangketchecklistsesuaikriteriavaliditassedangkandatakualitatifdiperolehmelaluikolomkomentardansaran.Multimediapembelajaranyangdikembangkanmemilikikarakteristikantaralain(1)terdapatanimasivideoaudiogambardantulisandalamsatukesatuanyangdapatmemperjelaskonsepyangbersifatabstrak(2)bersifatinteraktifdan(3)terdapatevaluasisebagaibalikansetelahmempelajarimultimediapembelajaran.Hasilrata-ratavalidasimediadanmateriberturut-turutsebesar93%dan96%sedangkanhasilrata-rataujicobalapangansebesar90%.Berdasarkanhasilvalidasidanujilapanganmenunjukkanmultimediayangdikembangkantelahmemenuhikriteriavaliddanlayakdigunakandalampembelajaran.