Peningkatan hasil belajar IPA perubahan kenampakan bumi melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN I Pulosari Kabupaten Tulungagung / Agustin Try Fatmawati

Main Author: Fatmawati, Agustin Try
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6280/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFatmawatiAgustinTry2016PeningkatanHasilBelajarIPAPerubahanKenampakanBumimelaluiModelThinkPairSharepadaSiswaKelasIVSDN1PulosariKabupatenTulungagungSkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dra.LilikBintartikM.Pd(II)Drs.SunyotoS.PdM.Si.KatakunciPeningkatanHasilBelajarModelThinkPairShareObservasiawaldikelasIVSDN1PulosariKabupatenTulungagungpadapembelajaranIPAmateriperubahankenampakanbumidiketahui(1)pembelajaranmasihbersifatkonvensionaldenganceramahdantanyajawab(2)interaksiantarasiswadengansiswamaupunsiswadengangurubelumberjalandenganbaik(3)kerjasamadankemampuanberkomunikasisiswabelumterlihat(4)hasilbelajarranahkognitifmasihrendahterdapat21dari31siswa(68%)beradadibawahKKMdan10siswa(32%)diatasKKM.Olehkarenaitudiadakanpenelitianyangbertujuan1)mendeskripsikanpenerapanmodelThinkPairSharedan2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelThinkPairShare.Penelitianinidilaksanakandenganpendekatankualitatifjenispenelitiantindakankelassebanyak2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari2pertemuan.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidokumentasiwawancaracatatanlapangandantes.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatakualitatifmeliputireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanmodelThinkPairSharedilaksanakangurusiklusImencapai89%(kriteriasangatbaik)dansiklusIImencapai100%(kriteriasangatbaik)aktivitassiswasiklusImencapai82%(kriteriabaik)dansiklusIImencapai93%(kriteriasangatbaik).Terjadipeningkatanhasilbelajarranahkognitifafektifdanpsikomotorik.Hasilbelajarranahkognitifsiswapadapratindakanyaitunilairata-ratakelas71(kriteriacukup)danketuntasanklasikal32%(kriteriasangatkurang).SetelahdilaksanakansiklusIhasilbelajarranahkognitifmencapairata-rata80(kriteriabaik)danketuntasanklasikal81%(kriteriabaik).PadasiklusIInilairata-ratamencapai91(kriteriasangatbaik)danketuntasanklasikalmencapai100%(kriteriasangatbaik).Ranahafektif(kerjasamadanpercayadiri)danpsikomotorik(kemampuankomunikasi)mengalamipeningkatanpula.HasilpenelitiandisimpulkanbahwapenerapanmodelThinkPairSharepadasiswakelasIVSDN1PulosariKabupatenTulungagungdapatdilaksanakanolehgurudengansangatbaikdandiikutiolehsiswadengansangatbaikpulasehinggadapatmeningkatkanrata-ratahasilbelajarIPAtentangperubahankenampakanbumidanketuntasanklasikal.DisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelTPSpadamateriyanglain.