Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika (studi pada siswa kelas IV SDN Cilumber Kab. Bandung Barat) / Chries Firda Yudhistira
Main Author: | Yudhistira, Chries Firda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62791/ |
Daftar Isi:
- YudhistiraChriesFirda.2015.PendekatanRealisticMathematicEducation(RME)BerbantuanMediaManipulatifuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarMatematika.StudipadaSiswaKelasIVSDNCilumberKecamatanLembangKabupatenBandungBarat.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Hj.UtamiWidiatiM.A.Ph.D(II)Dr.SubanjiM.SiKataKunciRealisticMathematicEducation(RME)mediamanipulatifaktivitashasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiawalpadasiswakelasIVSDNCilumberditemukankondisitentangkesulitansiswamengonstruksikonseppecahan.Halinidapatdilihatdarirendahnyahasilbelajarsiswa.Pelaksanaanpembelajarandikelasmasihdidominasiolehgurusehinggasiswapasifdalambelajar.Kurangnyapenggunaanmediasebagaialatbantupembelajarandianggapsebagaisalahsatudampakrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarmatematika.PermasalahaninidiatasidenganmemberikankesempatankepadasiswauntukmengonstruksisendirimatematisasipengetahuanyangtelahdimilikimelaluipendekatanRMEberbantuanmediamanipulatif.TujuanpenelitianiniyaitumendeskripsikanpendekatanRMEberbantuanmediamanipulatifyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadikelasIVSDNCilumber.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangmeliputibeberapatahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.ProsesPTKdilaksanakandalamduasiklusyangmasing-masingsiklusdilakukansebanyaktigapertemuan.PenelitianinidilaksanakandiSDNCilumberKecamatanLembangKabupatenBandungBaratdengansubyekpenelitian32siswakelasIVtahunpelajaran2014/2015.Pengumpulandatadiperolehdarirekappraktikpembelajaranobservasiteshasilbelajarcatatanlapangandanwawancara.HasilpenelitianmenunjukanbahwapendekatanRMEberbantuanmediamanipulatifdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmatematikasiswakelasIVSDNCilumber.AktivitassiswapadasiklusImasihpadakriteriakurangaktifsedangkanpadasiklusIIaktivitassiswameningkatmenjadikriteriaaktif.SementarauntukhasilbelajarsiswapadasiklusImenunjukan25siswatuntasbelajarsedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi28siswatuntasbelajar.BerdasarkanhasilpenellitianinidapatdisimpulkanpeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswaterjadikarenapenerapanpendekatanRMEberbantuanmediamanipulatifdengantahapan(1)memahamimasalahkontektual(2)menyelesaikanmasalahkontekstualdenganbantuanmediamanipulatif(3)mendiskusikandanmembandingkanjawabandan(4)Menyimpulkan.Keempattahapaniniaplikasikanpadakegiatanintipembelajaran.