Peningkatan kemampuan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Kranjingan 05 Jember melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS / Muhammad Aqil

Main Author: Aqil, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62785/
Daftar Isi:
  • AqilMuhammad.2014.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTPSUntukMeningkatkaKeterampilanMembacaPemahamanSiswaKelasVSD.Kranjingan05Jember.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.KonsentrasiGuruKelas.ProgramPascasarjana.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.(II)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KataKuncimodelkooporatiftipeTPSpembelajarandanmembacapemahamanPembelajaranmembacapemahamandiSDKranjingan05Jembermenekankanpadapembelajaransecaraindividual.Pembelajaranindividualdankompetitiflebihbanyakberpusatpadagurudantidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmengemukakanpendapatdanberdiskusi.Untukmenghindarikelemahanpembelajaranindividualdapatdilakukandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatif.Kelebihandalampembelajarankooperatifyaitusiswatidakhanyadituntutsecaraindividualuntukmencapaisuksesmelainkandapatbekerjasamauntukmencapaihasilbersamaaspeksosialsangatmenonjoldansiswadituntutbekerjasamauntukterhadapkeberhasilankelompoknya.Tujuandilaksanakannyapenelitianiniadalahuntukmeningkatkanprosesdanhasilketerampilanmembacasiswa.Prosespembelajaranmeliputiaspekperencanaandanpelaksanaansedangkanevaluasimerupakanhasilpembelajaranyangdicapaisiswa.PembelajarandifokuskanpadapembelajaranmembacapemahamandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTPS.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitiantindakandenganpendekatankualitatif.PenelitiandilakukanterhadapsiswakelasVSD.Kranjingan05Jemberyangdibagidalamenamkelompok.Penelitiandilakukandalamtigasiklusmasing-masingsiklusmemuattigaaspekyakniaspekperencanaantindakanpelaksanaantindakandanevaluasi.Pelaksanaansetiapsiklusdiobservasidandirefleksiolehpenelitidenganmenggunakaninstrumenpengumpulandataberupadaftarcekdancatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganteknikanaisisdeskriptifkualitatifmodelalirmeliputitahapreduksidatapaparandataverifikasidanpenyimpulan.Setelahdilakukantindakanhasilmenunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamansiswameningkat.Peningkatanyangdimaksudmeliputipeningkatankemampuandalamprosesdanhasilmembacapemahaman.Peningkatankemampuandalamprosesmembacameliputikemampuanmengajukanpertanyaansebelummembacapeningkatankemampuandenganmengajukandanmenanggapibacaanselamaprosesmembacakemampuanmemahamiisibacaansertapertisipasidalamdiskusikelassetelahmembaca.PeningkatanhasilmembacatampakpadahasiltesyangdicapaipadasemuakelompokdarisiklusIIIdanIII.Hasiltesmenunjukanbahwaskorrata-ratayangdicapaisiswadalamkelompokpadasiklusIadalah601siklusIIadalah678dansiklusIIIadalah773.