Peningkatan kemampuan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Kranjingan 05 Jember melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS / Muhammad Aqil
Main Author: | Aqil, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62785/ |
Daftar Isi:
- AqilMuhammad.2014.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTPSUntukMeningkatkaKeterampilanMembacaPemahamanSiswaKelasVSD.Kranjingan05Jember.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.KonsentrasiGuruKelas.ProgramPascasarjana.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.(II)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KataKuncimodelkooporatiftipeTPSpembelajarandanmembacapemahamanPembelajaranmembacapemahamandiSDKranjingan05Jembermenekankanpadapembelajaransecaraindividual.Pembelajaranindividualdankompetitiflebihbanyakberpusatpadagurudantidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmengemukakanpendapatdanberdiskusi.Untukmenghindarikelemahanpembelajaranindividualdapatdilakukandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatif.Kelebihandalampembelajarankooperatifyaitusiswatidakhanyadituntutsecaraindividualuntukmencapaisuksesmelainkandapatbekerjasamauntukmencapaihasilbersamaaspeksosialsangatmenonjoldansiswadituntutbekerjasamauntukterhadapkeberhasilankelompoknya.Tujuandilaksanakannyapenelitianiniadalahuntukmeningkatkanprosesdanhasilketerampilanmembacasiswa.Prosespembelajaranmeliputiaspekperencanaandanpelaksanaansedangkanevaluasimerupakanhasilpembelajaranyangdicapaisiswa.PembelajarandifokuskanpadapembelajaranmembacapemahamandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTPS.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitiantindakandenganpendekatankualitatif.PenelitiandilakukanterhadapsiswakelasVSD.Kranjingan05Jemberyangdibagidalamenamkelompok.Penelitiandilakukandalamtigasiklusmasing-masingsiklusmemuattigaaspekyakniaspekperencanaantindakanpelaksanaantindakandanevaluasi.Pelaksanaansetiapsiklusdiobservasidandirefleksiolehpenelitidenganmenggunakaninstrumenpengumpulandataberupadaftarcekdancatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganteknikanaisisdeskriptifkualitatifmodelalirmeliputitahapreduksidatapaparandataverifikasidanpenyimpulan.Setelahdilakukantindakanhasilmenunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamansiswameningkat.Peningkatanyangdimaksudmeliputipeningkatankemampuandalamprosesdanhasilmembacapemahaman.Peningkatankemampuandalamprosesmembacameliputikemampuanmengajukanpertanyaansebelummembacapeningkatankemampuandenganmengajukandanmenanggapibacaanselamaprosesmembacakemampuanmemahamiisibacaansertapertisipasidalamdiskusikelassetelahmembaca.PeningkatanhasilmembacatampakpadahasiltesyangdicapaipadasemuakelompokdarisiklusIIIdanIII.Hasiltesmenunjukanbahwaskorrata-ratayangdicapaisiswadalamkelompokpadasiklusIadalah601siklusIIadalah678dansiklusIIIadalah773.