Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Pekauman 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan / Ngatini
Main Author: | Ngatini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62763/ |
Daftar Isi:
- Ngatini2014.ModelPembelajarankooperatifTipeSTADdipadumodeltalkingStickuntukmeningkatkanhasilBelajarMatematikapadasiswakelasVISDNPekauman1KotaBanjarmasin.TesisProgramStudiPendidikanDasargurukelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIProf.Hj.UtamiWidiatiMAPh.DII.Prof.Dr.SutartoHadiM.ScM.SiKatakunciSTADTalkingStickHasilBelajarMatematika.122881228812288BerdasarkanpengamatanpadawaktupembelajaranMatematikakelasVIdiSDNPekauman1KotaBanjarmasindiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldansiswahanyamendengarkanpenjelasangurutentangmateripelajaranyangdiajarkan.Kemudiansiswadisuruhmengerjakanlatihanlatihansoalgurumengalamimasalahyaituhasilbelajarsiswayangrendahdiketahui6153%dari32siswamendapatnilaidibawahKKMyaitu65sedangkanhanya3846%yaitu10siswamendapatkannilaidiatasKKMyaitu65.DiperlukansuatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdipadudenganmodelTalkingStick.PenelitaninibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelSTADdipadumodelTalkingSticksehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadasiswakelasVI.122881228812288PendekatanpenelitianyangdigunakantermasukjenispenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas.PenelitisebagaipartisipanpenuhdengandibantugurukelasVIsebagaiobserver.PenelitianinidilakukandiSDNPekauman1kotaBanjarmasindengansubyekPenelitiansiswakelasVIsemesterganjiltahun2014/2015yangberjumlah32orangterdiridari17lakilakidan15orangperempuan.Carapengumpulandatamenggunakanobsevasitesdanwawancara.122881228812288HasilpenelitianpenerapanmodelkooperatiftipeSTADdipadutalkingStickyaitu(1)hasilobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranolehgurutermasukkategoribaikpadasiklusIdiperoleh8413%dansiklusIIdiperoleh9700%mengalamipeningkatan1287%.Hasilobservasipenerapanmodelpembelajaranolehsiswatermasukkategoribaikdarisikluspertama75%dansiklusII9399%mengalamipeningkatan1899%.(2)MeningkatnyahasilbelajarsiswadarisiklusI4667%dansiklusII9667%mengalamipeningkatan5000%.Hasiltersebutdapatdicapaidenganmenggunakanlangkahlangkahpembelajaransebagaiberikut1)Presentasikelas2)Kerjakelompok3)Kuisindividudipadutalkingstick4)kemajuanSkorindividual5)Penghargaankelompok.122881228812288Saranyangdiberikanadalah1)modelPembelajaranmodelkooperatifmodelSTADcocokuntukpenanamankonsepnamunhendaknyadimodifikasidenganmodelyanglain2)Hendaknyagurulebihkreatifdaninovatifmampumemahamikarakteristiksiswasehinggakesulitanbelajarsiswadapatdiatasi3)Kepalasekolahhendaknyadapatmendorongguruuntukdapatmenerapkanmodelpembelajarankooperatifkarenadapatmemacusiswauntuksalingmemotivasisiswadalambelajar4)BagiDinasPendidikanhasilpenelitianinidapatdijadikanacuandalampembinaanpeningkatanmutusekolahdanpeningkatanprofesionalismegurudenganpenerapanmodelpembelajaranyangefektifdaninovatif5)Bagipenelitiberikutnyahasilpenelitianhendaknyadapatdijadikanuntukreferensimelakukanpenelitianyanglainnyadiwaktuyangakandatangdenganmengembangkanaspekaspekhasilbelajaryanglainya.