Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Pekauman 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan / Ngatini

Main Author: Ngatini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62763/
Daftar Isi:
  • Ngatini2014.ModelPembelajarankooperatifTipeSTADdipadumodeltalkingStickuntukmeningkatkanhasilBelajarMatematikapadasiswakelasVISDNPekauman1KotaBanjarmasin.TesisProgramStudiPendidikanDasargurukelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIProf.Hj.UtamiWidiatiMAPh.DII.Prof.Dr.SutartoHadiM.ScM.SiKatakunciSTADTalkingStickHasilBelajarMatematika.122881228812288BerdasarkanpengamatanpadawaktupembelajaranMatematikakelasVIdiSDNPekauman1KotaBanjarmasindiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldansiswahanyamendengarkanpenjelasangurutentangmateripelajaranyangdiajarkan.Kemudiansiswadisuruhmengerjakanlatihanlatihansoalgurumengalamimasalahyaituhasilbelajarsiswayangrendahdiketahui6153%dari32siswamendapatnilaidibawahKKMyaitu65sedangkanhanya3846%yaitu10siswamendapatkannilaidiatasKKMyaitu65.DiperlukansuatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdipadudenganmodelTalkingStick.PenelitaninibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelSTADdipadumodelTalkingSticksehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadasiswakelasVI.122881228812288PendekatanpenelitianyangdigunakantermasukjenispenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas.PenelitisebagaipartisipanpenuhdengandibantugurukelasVIsebagaiobserver.PenelitianinidilakukandiSDNPekauman1kotaBanjarmasindengansubyekPenelitiansiswakelasVIsemesterganjiltahun2014/2015yangberjumlah32orangterdiridari17lakilakidan15orangperempuan.Carapengumpulandatamenggunakanobsevasitesdanwawancara.122881228812288HasilpenelitianpenerapanmodelkooperatiftipeSTADdipadutalkingStickyaitu(1)hasilobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranolehgurutermasukkategoribaikpadasiklusIdiperoleh8413%dansiklusIIdiperoleh9700%mengalamipeningkatan1287%.Hasilobservasipenerapanmodelpembelajaranolehsiswatermasukkategoribaikdarisikluspertama75%dansiklusII9399%mengalamipeningkatan1899%.(2)MeningkatnyahasilbelajarsiswadarisiklusI4667%dansiklusII9667%mengalamipeningkatan5000%.Hasiltersebutdapatdicapaidenganmenggunakanlangkahlangkahpembelajaransebagaiberikut1)Presentasikelas2)Kerjakelompok3)Kuisindividudipadutalkingstick4)kemajuanSkorindividual5)Penghargaankelompok.122881228812288Saranyangdiberikanadalah1)modelPembelajaranmodelkooperatifmodelSTADcocokuntukpenanamankonsepnamunhendaknyadimodifikasidenganmodelyanglain2)Hendaknyagurulebihkreatifdaninovatifmampumemahamikarakteristiksiswasehinggakesulitanbelajarsiswadapatdiatasi3)Kepalasekolahhendaknyadapatmendorongguruuntukdapatmenerapkanmodelpembelajarankooperatifkarenadapatmemacusiswauntuksalingmemotivasisiswadalambelajar4)BagiDinasPendidikanhasilpenelitianinidapatdijadikanacuandalampembinaanpeningkatanmutusekolahdanpeningkatanprofesionalismegurudenganpenerapanmodelpembelajaranyangefektifdaninovatif5)Bagipenelitiberikutnyahasilpenelitianhendaknyadapatdijadikanuntukreferensimelakukanpenelitianyanglainnyadiwaktuyangakandatangdenganmengembangkanaspekaspekhasilbelajaryanglainya.