Penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 Eni Arifatun Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Eni Arifatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62727/
Daftar Isi:
  • NimahEniArifatun.2014.PenerapanMetodeInkuiriTerstrukturdenganMediaPermainanPuzzleuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarIPASiswaKelasIVBSDNBakalanKrajanIKotaMalangTahunAjaran2013/2014.TesisJurusanPendidikanDasar.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Agr.MohammadAminS.Pd.M.Si.(II)Dr.SentotKusairiS.Pd.M.Si.KataKuncimetodeinkuiriterstrukturmediapermainanpuzzleaktivitashasilbelajarIPASD.IPAdiSDmerupakanmatapelajaranyangmenekankanpengembangankompetensimelaluipemberianpengalamanlangsungmenemukandanberbuatsehinggakeaktifandanprosespenemuanmerupakanunsurutama.SalahsatumetodepembelajaranIPAyangmendorongkeaktifansiswaberorientasiprosesdanmenemukansendirimelaluiproseduryangdiberikanguruadalahmetodeinkuiriterstruktur.Penerapaninkuiriterstrukturdiharapkanlebihefektifdenganalatbantumediapermaianpuzzle.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpenerapanmetodeinkuiriterstrukturdenganmediapermainanpuzzleyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarIPAsiswakelasIVBSDNBakalanKrajanI(2)mendeskripsikanpenerapanmetodeinkuiriterstrukturdenganmediapermainanpuzzleyangdapatmeningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelasIVBSDNBakalanKrajanI.12288122881228812288Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVBSDNBakalanKrajanIKotaMalangTahunAjaran2013/2014sebanyak38siswagurupenelitidanpengamat.Sumberdatayaitusiswadanguru.Teknikpengumpulandataberupawawancaraobservasitescatatanlapangandandokumentasi.Teknikanalisisdatameliputitigaaluryaitureduksidatatampilandatadanpenarikankesimpulan/verifikasi.ProsedurpenelitianterdiridarisiklusIdanII.PelaksanaansiklusIdanIIdilakukanpadabulanNovembersampaiDesember2013.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeinkuiriterstrukturdenganmediapermainanpuzzledapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPAsiswakelasIVBSDNBakalanKrajanI.HaliniterbuktidaridataobservasiaktivitasbelajarsiswaberupaaktivitasvisuallisanmendengarkanmenulismotorikmentaldanemosionalpadasiklusIdiperolehskorrata-rata505(84%)danpadasiklusIImeningkatmenjadi55(91%).HasilbelajarsiswapadasiklusIdiperolehskorrata-rata843dengankriteriatuntaskualifikasibaiksedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi899dengankriteriatuntaskualifikasisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanaktivitasbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak7(11%)sedangkanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak56%.JadipenerapanmetodeinkuiriterstrukturdenganmediapermainanpuzzledapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPA.KepadagurudisarankanagarmemberikankesempatankepadasiswauntukmelakukanaktivitasberfikirdanbekerjasendiridalamKBMsehinggapotensisiswaberkembang.Kepadapenelitilaintahapan/proseduryangdiberikangurudanpotongangambarpuzzlesebaiknyatidakrumitsehinggasiswatidakkesulitanuntukmencaridanmenyusunsuatukonsepyagdiharapkan.