Penerapan strategi pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang / Dwi Marselina Pertila

Main Author: Pertila, Dwi Marselina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62723/
Daftar Isi:
  • PertilaDwiMarselina.2014.PenerapanStrategiPembelajaranThinkPairShareuntukMeningkatanMotivasiAktivitasdanHasilBelajarIPASiswaKelasVSDNSumbersari2Malang.TesisProgranStudiPendidikanDasarKonsentrasiGuruKelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KatakunciMotivasiAktivitasHasilBelajarStrategiThinkPairShareHasilpengamatanpembelajarandikelasmenunjukkanbahwagurumasihmenggunakanpembelajarankonvesionalyaitupembelajarandenganmetodeceramah.Permasalahanyangdialamigurupadasaatpembelajaranyaitu(1)motivasibelajarsiswarendahditandaidenganadanyasiswayangterlihatmengantukberbicaradanbermaindengantemannya(2)kurangnyaaktivitasbelajarsiswamenyebabkansiswamenjadipasifdikarenakangurumasihmendominasipembelajarandan(3)hasilbelajarrendahhanya8(286%)siswayangtuntasbelajardan20(714%)siswamendapatnilaidibawahKKMyaitu70.MakadiperlukansuatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutdenganmenerapkanstrategipembelajaranThinkPairShare(TPS)sehinggadapatmeningkatkanmotivasiaktivitashasilbelajarIPA.12288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Penelitiberperansebagaipartisipanpenuhdenganbantuantigaobserver.DatadalampenelitianiniadalahmotivasibelajaraktivitasbelajardanhasilbelajarIPA.SumberdatautamaadalahsiswakelasVSDNSumbersari2Malangyangberjumlah28siswayangdilaksanakanpadasemestergenaptahun2013/2014.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaratesangketdokumentasidancatatanlapangan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahdeskriptifkualitatifdankuantitatif.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaangurudalammenerapkanstrategipembelajaranThinkPairSharesudahberjalandenganbaikpadasiklusImemperolehskor87%danmeningkatpadasiklusIImencapai97%.MotivasibelajarsiswapadasiklusImemperolehskorrata-rata78dansiklusIImencapaiskor93sehinggameningkatansebesar15%.AktivitasbelajarsiswapadasiklusImemperolehrata-rata66dansiklusIImencapai84sehinggameningkatsebesar18%.HasilbelajarsiswapadasiklusImemperolehrata-rata73dansiklusIImencapai84.12288122881228812288Berdasarkankesimpulantersebutdisarankan(1)strategipembelajaranThinkPairSharememerlukanbanyakwaktudalampelaksanaannyasehinggamenuntutguruagarlebihmemperhatikanefesiensidalammembagiwaktu(2)guruharuslebihkreatifdalammenerapkanstrategipembelajaranThinkPairShareagarsiswaterbiasaterlibataktif(3)guruharusefektifdansebaikmungkindalammegkondisikankelas(4)mengingatpenerapanstrategipembelajaranThinkPairSharedapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarmakadisarankanagargurumenerapkanpembelajaraninidalammelaksanakanpembelajaranIPA.