Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Kabupaten Ende T/A 2013/2014 / Yasinta Yenita Dhiki

Main Author: Dhiki, Yasinta Yenita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62717/
Daftar Isi:
  • DhikiYasinta.2014.PenerapanModelPembelajaranBerpasanganDenganMenggunakanMediaKoinBertandaUntukmeningkatkanprestasiBelajarmatematika.Tesis.JurusanPendidikanDasarkosentrasiGurukelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahjoediM.Pd.M.E(II)Dr.EdyBambangIrawanM.PdKataKunciModelpembelajaranberpasanganprestasibelajarmediakoinbertandaPenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahdenganmenggunakanmodelpembelajaranberpasanganbermediakoinbertandadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasIVASDKOnekore1Ende.Masalahyangdikajidalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatkanprestasibelajarpesertadidik.(2)bagaimanakahpeningkatanprestasibelajarmatematikadenganpenerapanmodelpembelajaranberpasanganmenggunakanmediakoinbertanda.(3)bagaimanakahresponpesertadidikterhadappenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertanda.PenelitianinimerupakamPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).SubyekpenelitianadalahpesertadidikdangurukelasIVASDKOnekore1Ende.Sumberdatapenelitianiniadalahprosespembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandaresponpesertadidikdanprestasibelajarmatematika.Teknikpengumpulandataadalahteknikwawancaratesobservasiangketdokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisobservasiaktivitasgurudanpesertadidikanalisisangketresponpesertadidikdananalisisteshasilbelajar.Prosespenelitiandilaksanakanduasiklustigakalipertemuandenganempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatanhasilbelajarmatematikasiswakelasIVAdarinilairata-ratatesawalyaitu29meningkatmenjadi90padaulanganakhirsiklusIdenganpeningkatansebesar6778%padasiklusIInilaiulanganakhir9631.DarisiklusIkeSiklusIIpeningakatanprestasibelajarpesertadidiksebesar655%.Penerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatkanaktivitasgurudanpesertadidik.PersentasekegiatangurupadasiklusIsebesar60%beradadikategoriBaikpadaSiklusIImenjadi9111%masihpadakategorisangatbaik.AktivitaspesertadidikpadaSiklusIsebasar6777%beradadikategoriBaiksedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8778beradapadakategoribaik.Persentaseresponpesertadidiksebesar9474%sangatsetuju526%setuju.