Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Kabupaten Ende T/A 2013/2014 / Yasinta Yenita Dhiki
Main Author: | Dhiki, Yasinta Yenita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62717/ |
Daftar Isi:
- DhikiYasinta.2014.PenerapanModelPembelajaranBerpasanganDenganMenggunakanMediaKoinBertandaUntukmeningkatkanprestasiBelajarmatematika.Tesis.JurusanPendidikanDasarkosentrasiGurukelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahjoediM.Pd.M.E(II)Dr.EdyBambangIrawanM.PdKataKunciModelpembelajaranberpasanganprestasibelajarmediakoinbertandaPenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahdenganmenggunakanmodelpembelajaranberpasanganbermediakoinbertandadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasIVASDKOnekore1Ende.Masalahyangdikajidalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatkanprestasibelajarpesertadidik.(2)bagaimanakahpeningkatanprestasibelajarmatematikadenganpenerapanmodelpembelajaranberpasanganmenggunakanmediakoinbertanda.(3)bagaimanakahresponpesertadidikterhadappenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertanda.PenelitianinimerupakamPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).SubyekpenelitianadalahpesertadidikdangurukelasIVASDKOnekore1Ende.Sumberdatapenelitianiniadalahprosespembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandaresponpesertadidikdanprestasibelajarmatematika.Teknikpengumpulandataadalahteknikwawancaratesobservasiangketdokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisobservasiaktivitasgurudanpesertadidikanalisisangketresponpesertadidikdananalisisteshasilbelajar.Prosespenelitiandilaksanakanduasiklustigakalipertemuandenganempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatanhasilbelajarmatematikasiswakelasIVAdarinilairata-ratatesawalyaitu29meningkatmenjadi90padaulanganakhirsiklusIdenganpeningkatansebesar6778%padasiklusIInilaiulanganakhir9631.DarisiklusIkeSiklusIIpeningakatanprestasibelajarpesertadidiksebesar655%.Penerapanmodelpembelajaranberpasangandenganmenggunakanmediakoinbertandadapatmeningkatkanaktivitasgurudanpesertadidik.PersentasekegiatangurupadasiklusIsebesar60%beradadikategoriBaikpadaSiklusIImenjadi9111%masihpadakategorisangatbaik.AktivitaspesertadidikpadaSiklusIsebasar6777%beradadikategoriBaiksedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8778beradapadakategoribaik.Persentaseresponpesertadidiksebesar9474%sangatsetuju526%setuju.