Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis eksperimen siswa kelas V SD Inpres Onekore 5 Ende / Yuliana Yenita Mete
Main Author: | Mete, Yuliana Yenita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62715/ |
Daftar Isi:
- MeteY.Yuliana.2014.PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIPAMelaluiPembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadTogether(NHT)BerbasisEksperimenSiswaKelasVSDInpresOnekore5TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiGuruKelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)(Prof.Dr.INyomanS.DegengM.Pd(II)Dr.LiaYuliatiM.Pd.KataKuncimodelNumberedHeadTogether(NHT)metodeeksperimenaktivitasbelajarhasilbelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasidikelasVbSDIOnekore5Endemenunjukkanbahwadalamprosespembelajaranmasihbanyakcampurtangandarigurudankurangmelibatkansiswasehinggainteraksihanyaberlangsungsatuarah.Kondisiinimenyebabkansiswacenderungpasifkurangantusiasdankuranginisiatif.siswalebihbanyakmenunggusajiangurudaripadamencaridanmenemukansendiripengetahuandanketerampianyangsiswabutuhkansehinggamengakibatkanrendahnyaaktivitasdanhasilbelajaryangdicapaisiswa.PadapenelitianinipenelitimemilihsalahsatumodelpembelajarankooperatifyaitutipeNumberedHeadsTogether(NHT)yangdikolaborasikandenganmetodeeksperimen.Tujuanyangdicapaiadalah(1)meningkatkanaktivitasbelajarIPAsiswakelas5SDIOnekore5Ende(2)meningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelas5SDIOnekore5Ende.12288122881228812288PenelitianinimerupakanjenispenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianberlangsungselamaduasiklusdenganpokokbahasanGaya.Subyekpenelitianadalahsiswakelas5bSDIOnekore5Endeyangberjumlah20siswa.Instrumenpenelitianberupainstrumenpembelajarandaninstrumenpengukuran.InstrumenpembelajaranmeliputisilabusRPPdanLKS.Sedangkaninstrumenpengukuranmeliputilembarobservasiaktivitasbelajarsiswainstrumenteshasilbelajar.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaracatatanlapangantesdokumentasidokumentasi.Teknikanalisisdataaktivitasbelajarsiswamengacupadateknikpersentasedengananalisistingkatkeaktifansiswasedangkanhasilbelajardianalisismengacupadanilaiketuntasanbelajarsecaraklasikal.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswadiketahuiterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusII.HalinidapatdilihatdariAktivitassiswapadasiklusIsebesar62%dansiklusIIsebesar88%sehinggahalinimengalamipeningkatansebesar26%.PadasiklusIpersentaseketuntasansebesar65%PadasiklusIIpersentaseketuntasansebesar95%.KetuntasanbelajardarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar30%.BerdasarkanhasilpenelitiansecarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)bebasiseksperimendapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPAsiswakelas5bSDIOnekore5Ende