Pengembangan modul keterampilan membaca dan menulis teks percakapan berbentuk komik siswa kelas V SDN Ngreco III Kabupaten Pacitan / Denna Delawanti Chrisyarani
Main Author: | Chrisyarani, Denna Delawanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62703/ |
Daftar Isi:
- ChrisyaraniDennaDelawanti.2014.PengembanganModulKeterampilanMembacadanMenulisTeksPercakapanBerbentukKomikSiswaKelasVSDNNgrecoIIIKabupatenPacitan.Tesis.JurusanPendidikanDasar.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HeriSuwignyoM.Pd.(II)Dr.NurchasanahM.Pd.KataKunciPengembanganmodulketerampilanmembacadanmenulistekspercakapankomik.12288122881228812288BerdasarkanstudipendahuluandiSDNNgrecoIIIKabupatenPacitanditemukanpermasalahanmengenaibahanajaryangdigunakandanhasilbelajarsiswayangmasihkurangdalammemahamimatapelajaranbahasaIndonesiakhususnyatekspercakapan.Daripermasalahantersebutpenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmoduldenganmateritekspercakapandalambentukkomik.Modulmerupakansalahsatubentukbahanajaryangdapatdipelajarisiswasecaramandiri.Modulmateritekspercakapanberbentukkomiksengajadipilihpenelitiuntukditerapkankarenasecarateorisiswasenangmembacadantermotivasidenganadanyakomiktanpaharusdibujukmelaluimodulmembuatsiswadapatmengukurataumengevaluasisendirihasilbelajarnya.12288122881228812288Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanmodulketerampilanmembacadanmenulistekspercakapanberbentukkomikyangvalidpraktismenarikdanefektif.SiswayangditelitiadalahsiswaVSDNNgrecoIIIKabupatenPacitan.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandenganmodelDickCareyandCarey.Adapunprosedurpenelitiandanpengembanganyangdilakukandalampengembanganmodulyaitu(1)mengidentifikasitujuanpembelajaran(2)melakukananalisispembelajaran(3)menganalisispebelajardankonteks/keadaan(4)merumuskantujuankhususpembelajaran.(5)mengembangkaninstrumenpenilaian(6)mengembangkanstrategipembelajaran(7)mengembangkandanmemilihbahanajar(8)merancangdanmelaksanakanevaluasiformatifpembelajaran(9)merevisibahanajar.12288122881228812288Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanbahwamodulyangdikembangkandarisegiisimengandung2keterampilanbahasa(membacadanmenulistekspercakapanyangdisajikandalambentukkomik)penyajianmodulmemperhatikansistematikapenulisan(pendahuluanisidanpenutup)bahasayangdigunakanmenggunakanbahasakomunikatifdesainmodulfullcolourmenggunakan2jenishuruf.Produkyangdikembangkanmemilikikriteriasangatvalidsangatpraktissangatmenarikdansangatefektif.12288122881228812288Saranbagipenelitianselanjutnyauntukmeningkatkankuantitasdankualitasmoduldimasayangakandatangyaitu(1)dapatdilanjutkanpadatahapdiseminasipadatahapskalaluassesuaidenganlangkahke-10modelDickCareyandCareydengancaradiadakannyaworkshopdimuatdalamjurnalilmiahmelaluiwebsite(2)diharapkanlebihmampumengembangkanhasilpenelitiandenganpenambahanketerampilanberbahasapenekananpadakurikulum2013dansebagailandasanatauacuanuntukpenelitianselanjutnya.