Peningkatan keaktifan, kreativitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran tematik tema sayangi hewan dan tumbuhan sekitar dengan media bervariasi pada siswa kelas III SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Dila Mei Dwiharini

Main Author: Dwiharini, Dila Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62668/
Daftar Isi:
  • DwihariniDila.Mei.2014.PeningkatanKeaktifanKreativitasdanPrestasiBelajarMelaluiPembelajaranTematikTemaSayangiHewandanTumbuhanSekitardengnMediaBervariasipadaSiswaKelasIIISDNPisangcandi4KotaMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiGuruKelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SadunAkbarM.Pd(2)Dr.DediKuswandiM.Pd.KataKuncipembelajarantematikmediabervariasipeningkatankeaktifankreativitasprestasibelajar.TingkatperkembangansiswausiaSDkhususnyaanakusiakelas3SDberadapadarentanganusiadiniyangmasihmelihatsegalasesuatusebagaisatukeutuhansehinggapembelajarannyamasihbergantungpadaobjek-objekkonkritdanpengalamanyangdialaminya.BerdasarkanobservasipendahuluanyangdilakukanpenelititerhadappembelajarandikelasIISDNPisangCandi4KotaMalangbanyakmengalamikesulitanbelajarkhususnyapadatemasayangihewandantumbuhandisekitar.Hasiltesyangdilakukanmenunjukkanbahwadari26siswaterdapat8siswa(31%)mendapatnilaidiatasKKM4siswa(15%)mendapatnilaipadaKKMdan14siswa(54%)mendapatnilaidibawahKKMdariKKMyangditetapkansebesar75.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajarantematikdenganmediabervariasipadasiswakelasIIISDNPisangcandi4Malang(2)MendeskripsikanpeningkatanprosesbelajarsiswakelasIIImelaluipenerapanpembelajarantematikdenganmediabervariasidiSDNPisangcandi4Malang(3)MendeskripsikanpeningkatankeaktifankreativitasdanprestasibelajarsiswakelasIIImelaluipenerapanpembelajarantematikdenganmediabervariasidiSDNPisangcandi4Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas.Pelaksanaantindakandilaksanakandalam2siklusdantiapsiklusnyadilaksanakanselama4hari.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIIISDNPisangcandi4KotaMalangpadasemeserganjiltahunajaran2013/2014.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasicatatanlapanganwawancaradokumentasidantes.Hasilpenelitianpenerapanpembelajarantematikdenganmediabervariasimenunjukkanbahwaprosesdanpresatasibelajarsiswamengalamipeningkatan.HalinidibuktikanbahwakeaktifansiswadarisiklusImencapai60%meningkatpadasiklusIImenjadi71%kreativitassiswadarisiklusIsebesar73%meningkatpadasiklusIImenjadi82%danprestasibelajarsiswadarisiklusI65%meningkatpadasiklusIImenjadi84%.Rata-rataprestasibelajarsiswajugamengalamipeningkatanyaitudaritespratindakansebesar46%setelahprosespembelajarantematiksiklusInilairata-rata62%meningkatdisiklusIImenjadi8461%.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumenggunakanpembelajarantematikdenganmediadankegiatanyangbervariatif.