Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan efikasi diri siswa (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Babat Lamongan) / Arin Yudiana
Main Author: | Yudiana, Arin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62653/ |
Daftar Isi:
- YudianaArin.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeQuiz-QuizTradedanInside-OutsideCircleuntukMeningkatkanHasilBelajarIPSdanEfikasiDiriSiswa(StudipadaSiswaKelasVIIISMPNegeri4BabatLamongan).TesisProgramStudiPendidikanDasarkonsentrasiIlmuPengetahuanSosialPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si.(II)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.DKataKunciQuiz-quiztradeinside-outsidecirclehasilbelajarIPSefikasidirisiswa.HasilpengamatanpadawaktupembelajaranIPSkelasVIIICdiSMPNegeri4Babatdiketahuibahwagurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldansiswahanyamendengarkanpenjelasangurutentangmateripelajaranyangdiajarkan.Gurubanyakmengalamikendalayaitu(1)keyakinandirisiswayangrendah(2)hasilbelajaryangrendahdiketahuidari65%yaitu14siswamendapatnilaidibawahKKM75sedangkanhanya35%yaitu8siswayangmendapatnilaidiatasKKM75.MakadiperlukanupayamengatasipermasalahantersebutdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeQQTdanIOC.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanpembelajaranmodelpembelajarankooperatiftipeQQTdanIOCsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarIPSdanefikasidirisiswa.Pendekatanpenelitianyangdigunakantermasukjenispenelitiankualitatifdengandesainpenelitiantindakankelas.Penelitisebagaiparitisipanpenuhdengandibantuoleh2guruIPSsebagaiobserver.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri4BabatKabupatenLamongandengansubyekpenelitiansiswakelasVIIICsemestergenaptahun2012/2013berjumlah22siswaterdiridari16siswalaki-lakidan6siswaperempuan.Carapengumpulandatamenggunakanobservasitesangketdandokumen.HasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeQQTdanIOCyaitu(1)KeterlaksanaanmodelpembelajaranolehgurudansiswatermasukkategoribaikdanmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.(2)HasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusmengalamipeningkatan(3)EfikasidirisiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.(4)HasilRespondari22siswasemuanyayangmemberikanrespontinggidanberdasarkanpertanyaanyangdiberikankepadasubsubyekpenelitianhasilnyamemberikanresponbaik.Saranyangdiberikanadalah(1)ModelpembelajaraankooperatiftipeQQTdanIOCdapatdijadikanpilihandalamprosespembelajarandikelas.(2)Dibutuhkanpengelolaankelasdanwaktuyangbaiksehinggawaktudalampembelajaranlebihefektifkarenamodelpembelajaraninimelibatkansiswasecaraaktifdalampembelajaran.(3)Guruharuslebihkreatifdaninovatifdalampembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatifagarsiswaterbiasaterlibataktif.(4)Guruharusmenjelaskansecararincilangkah-langkahmodelpembelajarandanmengamatiprosespembelajaransecaramaksimal.