Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Make A Match dan Quiz-Quiz Trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka) / Jufri Torohula

Main Author: Torohula, Jufri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62649/
Daftar Isi:
  • TorohulaJufri.2013.PenerapanPembelajaranKooperatifKolaborasiModelMakeaMatchDanQuiz-quizTradeUntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPS(StudiPadaSiswaKelasVIIIASMPNegeri3Kolaka).TesisProgramStudiPendidikandasarKonsentrasiIlmuPengetahuanSosialProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.MSi.2)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.KataKunciMakeAMatchQuiz-quizTradeKeterampilanSosialHasilBelajarIPS.BerdasarkanhasilobservasipendahuluandiSMPNegeri3KolakaterdapatpermasalahandalampembelajaranIPSdikelasVIIIAyaitua)rendahnyanilai-nilaiketerampilansosialsiswab)rendahnyahasilbelajarIPSc)pembelajaranbersifatTeachercentereddand)gurubelummampumenerapkanmodel-modelpembelajaran.SalahsatuupayayangdilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatifkolaborasiMakeamatchdanQuiz-quiztrade.ModelpembelajaraninimerupakanmodelpembelajaranyangmemberikankesempatankepadasetiapsiswauntuksalingberkomunikasidanmenerimatransformasiilmudarirekansebayanyasehinggasiswaakanlebihakrabdanmudahmemahamiilmupengetahuandalamrangkameningkatkansikapketerampilansosialdanhasilbelajarIPSyanglebihmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmodelpembelajaranKolaborasiMakeamatchdanQuiz-quiztradeuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIIASMPNegeri3Kolaka.Pendekatanpenelitianyangdilakukantermasukpenelitiankualitatifdengandesainpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitisebagaipartisipanpenuhsertadibantuoleh3orangtemansejawatselakuobserverdalampenelitianini.PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPNegeri3KolakasemesterGenapTahunpelajaran2012/2013denganjumlahsiswa22orangterdiridari11orangsiswaperempuandan11orangsiswalaki-laki.Penelitianinidilakukanselama2siklusdenganempatkalipertemuansetiapsiklusnya.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputidataprosesdanhasil.Instrumenpengumpulandatameliputilembarobservasikegiatanpembelajarangurulembarobservasikegiatanpembelajaransiswalembarobservasiketerampilansosialsiswalembartescatatanlapangandandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanteknikanalisiskualitatifdenganLangkah-langkahyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulananalisis.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaa)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatterlaksanadengansangatbaikhalinidapatdilihatdariketerlaksanaanpembelajaranolehguruberadapadakriteriabaikpadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusII.SedangkankegiatanpembelajaranolehsiswaberadapadakriteriabaikpadasiklusIdankriteriasangatbaikpadasiklusIIb)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatmeningkatkanketerampilansosialsiswahalinidapatdilihatdariketerampilansosialsiswaberadapadakategorisedangpadasiklusIdanmeningkatmenjadikategoritinggipadasiklusII.c)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradesecaraklasikalmampumeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIIASMPNegeriKolakad)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatmeningkatkansikapketerampilansosialsiswahalinidapatdilihatdarirekapitulasilembarangketketerampilansosialsiswayangmenunjukkansikapsiswaberadapadakriteriatinggisertaresponsiswaterhadapmodelpembelajaranmengatakansangatsenangdenganpenerapanmodelini.DaripenelitianinidisarankankepadaguruIPSa)menggunakanpembelajarankooperatifkolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradesebagaisalahsatusolusiuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSb)menerapkanmodelpembelajaranlaindidalamkelasdenganmemperhatikantujuanmateridankarakteristiksiswac)menggunakanmediasebagaialatbantudalamprosespembelajarandand)untukpenelitilainnyaagarmenekankanketigaaspekpenilaiankognitifafektifdanpsikomotordalampenelitian.