Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Make A Match dan Quiz-Quiz Trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka) / Jufri Torohula
Main Author: | Torohula, Jufri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62649/ |
Daftar Isi:
- TorohulaJufri.2013.PenerapanPembelajaranKooperatifKolaborasiModelMakeaMatchDanQuiz-quizTradeUntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPS(StudiPadaSiswaKelasVIIIASMPNegeri3Kolaka).TesisProgramStudiPendidikandasarKonsentrasiIlmuPengetahuanSosialProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.MSi.2)Dra.Hj.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.KataKunciMakeAMatchQuiz-quizTradeKeterampilanSosialHasilBelajarIPS.BerdasarkanhasilobservasipendahuluandiSMPNegeri3KolakaterdapatpermasalahandalampembelajaranIPSdikelasVIIIAyaitua)rendahnyanilai-nilaiketerampilansosialsiswab)rendahnyahasilbelajarIPSc)pembelajaranbersifatTeachercentereddand)gurubelummampumenerapkanmodel-modelpembelajaran.SalahsatuupayayangdilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganpenerapanmodelpembelajarankooperatifkolaborasiMakeamatchdanQuiz-quiztrade.ModelpembelajaraninimerupakanmodelpembelajaranyangmemberikankesempatankepadasetiapsiswauntuksalingberkomunikasidanmenerimatransformasiilmudarirekansebayanyasehinggasiswaakanlebihakrabdanmudahmemahamiilmupengetahuandalamrangkameningkatkansikapketerampilansosialdanhasilbelajarIPSyanglebihmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmodelpembelajaranKolaborasiMakeamatchdanQuiz-quiztradeuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIIASMPNegeri3Kolaka.Pendekatanpenelitianyangdilakukantermasukpenelitiankualitatifdengandesainpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitisebagaipartisipanpenuhsertadibantuoleh3orangtemansejawatselakuobserverdalampenelitianini.PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPNegeri3KolakasemesterGenapTahunpelajaran2012/2013denganjumlahsiswa22orangterdiridari11orangsiswaperempuandan11orangsiswalaki-laki.Penelitianinidilakukanselama2siklusdenganempatkalipertemuansetiapsiklusnya.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputidataprosesdanhasil.Instrumenpengumpulandatameliputilembarobservasikegiatanpembelajarangurulembarobservasikegiatanpembelajaransiswalembarobservasiketerampilansosialsiswalembartescatatanlapangandandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanteknikanalisiskualitatifdenganLangkah-langkahyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulananalisis.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaa)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatterlaksanadengansangatbaikhalinidapatdilihatdariketerlaksanaanpembelajaranolehguruberadapadakriteriabaikpadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusII.SedangkankegiatanpembelajaranolehsiswaberadapadakriteriabaikpadasiklusIdankriteriasangatbaikpadasiklusIIb)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatmeningkatkanketerampilansosialsiswahalinidapatdilihatdariketerampilansosialsiswaberadapadakategorisedangpadasiklusIdanmeningkatmenjadikategoritinggipadasiklusII.c)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradesecaraklasikalmampumeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIIASMPNegeriKolakad)penerapanpembelajarankolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradedapatmeningkatkansikapketerampilansosialsiswahalinidapatdilihatdarirekapitulasilembarangketketerampilansosialsiswayangmenunjukkansikapsiswaberadapadakriteriatinggisertaresponsiswaterhadapmodelpembelajaranmengatakansangatsenangdenganpenerapanmodelini.DaripenelitianinidisarankankepadaguruIPSa)menggunakanpembelajarankooperatifkolaborasimodelMakeamatchdanQuiz-quiztradesebagaisalahsatusolusiuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSb)menerapkanmodelpembelajaranlaindidalamkelasdenganmemperhatikantujuanmateridankarakteristiksiswac)menggunakanmediasebagaialatbantudalamprosespembelajarandand)untukpenelitilainnyaagarmenekankanketigaaspekpenilaiankognitifafektifdanpsikomotordalampenelitian.