Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together kolaborasi Cooperative Review untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Syarifah Aziziah

Main Author: Aziziah, Syarifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62641/
Daftar Isi:
  • AziziahSyarifah.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogetherKolaborasiCooperativeReviewuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarIPSpadaSiswaKelasVIIIDSMPNegeri20MalangTahunPelajaran2012/2013.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPSPascasarjanaUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahjoediM.E(II)Dr.SunaryantoM.EdKataKunciNumberedHeadsTogetherCooperativeReviewKeaktifanHasilBelajarIPSStuditentangpenerapanmodelpembelajarankooperatifdenganNumberedHeadsTogether(NHT)danpengaruhnyaterhadapkeaktifandanhasilbelajarsudahseringdilakukan.NamunpenerapanNHTkolaborasidenganCooperativeReview(CR)masihsangatsedikitdilakukan.KondisidilapanganmenunjukkanbahwatindakangurudalampembelajaranIPSdikelasbelummampumeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.TemuanpenelitianterdahulumenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)danCooperativeReview(CR)mampumeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsepertipenelitianyangdilakukanolehpopy(2009)Esti(2009)Karim(2012)danSuharti(2012).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiefekkeaktifanbelajarsiswadanketuntasanhasilbelajarIPSmelaluipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherberkolaborasidenganCooperativeReviewpadamatapelajaranIPSsiswaSMPkelasVIII.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanMcTaggartdenganduasiklusyangsetiapsiklusterdiri4komponenperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Kedudukanpenelitidalampenelitianinisebagaiperencanapelaksanatindakanpengumpuldatapenganalisispenafsirdatadanpelaporhasilpenelitian.KancahdansubyekpenelitianadalahsiswaSMPNegeri20KotaMalangkelas8Dsebanyak40orangterdiriatas20orangperempuandan20oranglaki-laki.PenelitiandilakukanmelaluiduasiklusdenganduapertemuanpenerapanmodelNHTdansatukalipertemuanCooperativeReviewuntukmasing-masingsiklus.Datadikumpulkandenganteknikobservasiangketdokomentasidanpelaksanaantes.Analisisdatadilakukanmelaluitigatahapanyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanmodelpembelajaranNHTberkolaborasidenganCRtelahterlaksanasangatbaikgurudansiswamelaksanakantindakanprosespembelajaransesuaiRPPyangdibuktikandenganlembarobservasiguruyangsudahmenunjukkankategorisangatbaikgurumelakukantindakanperbaikandalamsistempembelajaranmemperbaikisituasikelasdanmeningkatkanpengelolaankelas(2)setelahpenerapanmodelpembelajaranNHTberkolaborasiCRkeaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1207%dari7376%padasiklusImenjadi8583%padasiklusIIdenganindikatorsiswabelajardenganantusiasaktifdanbersemangat(3)penerapanmodelpembelajaranNHTberkolaborasidenganCRmampumeningkatkanhasilbelajardenganbaik(padasiklusIhasilbelajar731dengandayaserapklasikal750%padasiklusIIhasilbelajarrata-rata804dengandayaserapklasikal975%(4)hambatanyangditemukanselamapenerapanmodelpembelajaranadalahbagisiswamodelpembelajaranmasihbarusehinggamembutuhkanwaktupenyesuaiandirisolusinyadenganmembentukkelompoklebihkecilmendampingisiswamengaturtempat.Berdasarkantemuanpenelitianmakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaraniniuntukdijadikanacuandalammeningkatkankualitaspembelajaranbagipenelitiselanjutnyasupayadapatdijadikanrujukandandapatmenerapkanmodelpembelajaranyangrelevanyangdisesuaikandengankondisidanlatarbelakangsiswa.