Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media slide show terhadap hasil belajar siswa (studi mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 1 Panderejo Banyuwangi) / Khusnul Khotimah
Main Author: | Khotimah, Khusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62640/ |
Daftar Isi:
- KhotimahKhusnul.2013.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningdenganMenggunakanMediaSlideShowTerhadapHasilBelajarSiswa.TesisProgramStudiPendidikanDasarFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si.(2)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd.KatakuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningMediaSlideshowHasilBelajarSiswa.Pendidikanbermaksudmembantusiswauntukmenumbuhkembangkanpotensimanusia.Dalamprosespembelajarangurudituntutuntukmenyelnggarakanpembelajaranyanginovatif.Pembelajaranyanginovatifditandaiolehaktivitasguruyangtidaksemata-matamemberikanpengetahuankepadasiswanamunmemberikankesempatankepadasiswauntukterlibatdalamsuatupemecahanataumembangunpengetahuannya.Tujuanpenelitianini1)mengetahuibagaimanapenerapanmodelpembelajaranPBLmelaluimediaslideshowterhadaphasilbelajarsiswakelasVdiSDN1PanderejoBanyuwangi2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarIPSpadakelompokyangmenggunakanmodelPBLdenganmenggunakanmediaslideshowdanpadakelompokyangmenggunakanmodelkonvensional.RancanganpenelitianiniadalahkuasieksperimendanmenggunakanpendekatankuantitatifdenganmodelNonequivalentControlGroup.Desainpenelitianiniakanmengkajiduavariabelyaituvariabelbebasdanvariabelterikat.AdapunvariabelbebasnyaadalahModelPembelajaranProblemBasedLearningdenganMenggunakanMediaslideshowsedangkanvariabelterikatnyaadalahHasilBelajarHasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)penerpanmodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediaslideshowberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasVdiSDN1PanderejoBanyuwangi.2)hasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmenggunakanslideshowlebihtinggidibandingkansiswamenggunakanpembelajarankonvensional.