Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media slide show terhadap hasil belajar siswa (studi mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 1 Panderejo Banyuwangi) / Khusnul Khotimah

Main Author: Khotimah, Khusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/62640/
Daftar Isi:
  • KhotimahKhusnul.2013.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningdenganMenggunakanMediaSlideShowTerhadapHasilBelajarSiswa.TesisProgramStudiPendidikanDasarFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si.(2)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd.KatakuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningMediaSlideshowHasilBelajarSiswa.Pendidikanbermaksudmembantusiswauntukmenumbuhkembangkanpotensimanusia.Dalamprosespembelajarangurudituntutuntukmenyelnggarakanpembelajaranyanginovatif.Pembelajaranyanginovatifditandaiolehaktivitasguruyangtidaksemata-matamemberikanpengetahuankepadasiswanamunmemberikankesempatankepadasiswauntukterlibatdalamsuatupemecahanataumembangunpengetahuannya.Tujuanpenelitianini1)mengetahuibagaimanapenerapanmodelpembelajaranPBLmelaluimediaslideshowterhadaphasilbelajarsiswakelasVdiSDN1PanderejoBanyuwangi2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarIPSpadakelompokyangmenggunakanmodelPBLdenganmenggunakanmediaslideshowdanpadakelompokyangmenggunakanmodelkonvensional.RancanganpenelitianiniadalahkuasieksperimendanmenggunakanpendekatankuantitatifdenganmodelNonequivalentControlGroup.Desainpenelitianiniakanmengkajiduavariabelyaituvariabelbebasdanvariabelterikat.AdapunvariabelbebasnyaadalahModelPembelajaranProblemBasedLearningdenganMenggunakanMediaslideshowsedangkanvariabelterikatnyaadalahHasilBelajarHasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)penerpanmodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediaslideshowberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasVdiSDN1PanderejoBanyuwangi.2)hasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmenggunakanslideshowlebihtinggidibandingkansiswamenggunakanpembelajarankonvensional.