Pengaruh model PBL melalui pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Fajar Surya Hutama

Main Author: Hutama, Fajar Surya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/62628/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPBLmelaluiPendekatanCTLdanHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalangdiperolehinformasibahwapembelajaranlebihdidominasiolehguru(teachercentered)hasilbelajarsiswabaikdikelasIVAmaupunIVBmasihrendahpembelajaranlebihdominandilaksanakanmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldanpenilaiandilakukanhanyapadaranahkognitif.Rumusanmasalahdalampenelitianinidapatdirumuskansebagaiberikut(1)bagaimanakahpenerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalang(2)apakahadaperbedaanhasilbelajarantarakelaseksperimendengankelaskontroldalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalangdan(3)bagaimanaresponsiswasetelahpenerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalang.Desainyangdigunakandalampenelitianiniadalahdesainquasiexperimentaldenganbentuknonequivalentcontrolgroupdesign.Berdasarkananalisisdatadanpembahasanhasilpenelitianmakadapatdikemukakanbeberapakesimpulansebagaiberikut(1)penerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLdalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalangdilaksanakandenganurutankegiatansebagaiberikut(a)memberikanorientasitentangpermasalahanpadasiswa(b)mengorganisasikansiswadalambelajar(c)membantuinvestigasimandiridankelompok(d)mengembangkandanmenyajikanhasilkaryadanmelakukanpresentasi(e)bertanya(f)menganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalahdan(g)penilaiansebenarnya(autenticassesment).TingkatkeunikandarimodelPBLmelaluipendekatanCTLditunjukkandenganaktivitassiswayanglebihaktifdalambertanyadanpenilaianyangdilakukanmerupakanpenilaiansebenarnya(Autenticassesment)yangtidakhanyamengukurranahkognitifnamunjugaranahafektifdanpsikomotorik(2)hasilbelajarkelasyangmenggunakanmodelPBLmelaluipendekatanCTLlebihbaikdibandingkandengankelasyangmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldalampembelajaranIPSpadasiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalang.Perbedaaanpeningkatanhasilbelajaryangsignifikandapatterlihatdarinilairata-ratakelasyangmenggunakanmodelPBLmelaluipendekatanCTLdari4209menjadi5761ataumeningkatsebesar1552sedangkanpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalpeningkatannyatidakterlalusignifikanyaitudarinilairata-rata4206menjadi4808ataumeningkatsebesar602(3)ResponsiswakelasIVSDNPurwodadiIKecamatanBlimbingKotaMalangsetelahpenerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLdalampembelajaranIPSberadapadakriteriaBaikdenganpersentasesebesar8247%.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdiperolehmakadapatdisampaikanbeberapasaransebagaiberikut(1)penerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLmemilikipengaruhyangpositifterhadaphasilbelajarnamundemikianterdapatbeberapahalyangharusdiperhatikanyaitu(a)karakteristikkompetensidasar(KD)yangdiajarkanharusmengarahpadapenguasaankonsepkarenajikaKDyanghendakdiajarkanhanyamembutukankemampuaningatan/hafalansiswamakapenerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLakanmembutuhkanbanyakwaktu(b)guruharusmemilikikemampuanmengorganisasidanmengkondisikankelasdenganbaik(c)guruharusmemperhatikanalokasiwaktupembelajaranagarpenerapanmodelPBLmelaluipendekatanCTLinitidakmengganggupembelajaranyanglaindan(d)guruharusdapatmenyusundanmenyampaikantujuanpembelajarandenganoperasional(2)dalampenelitianinihanyasatuaspekyangdiambilsebagaivariabelpenelitianyangmempengaruhihasilbelajarolehkarenaitudisarankanbagipenelitilainuntukmenelitivariabellaindiluarmodelpenelitianini.