Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat, keterampilan inkuiri dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Gemarang / Urip Dwijo Rumanto
Main Author: | Rumanto, Urip Dwijo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62606/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimetodeinkuiriterbimbingminatketerampilaninkuirihasilbelajar.Metodeinkuiriterbimbingadalahmetodepembelajaranyangmelibatkansiswadalampenyelidikkandenganbimbinganguru.KeadaansebelummenggunakanmetodeinkuiriterbimbingmenunjukkanpersentaseklasikalminatsiswakelasVIIIBSMPN2GemaranguntukbelajarIPABiologiselamakelasVIIsemestersatusangatrendahyaitusebesar178%.KeterampilaninkuiriklasikalsiswakelasVIIIBrendahsebesar5%.RendahnyaminatsiswakelasVIIIBpadamatapelajaranIPABiologijugaterjadipadahasilbelajarsiswahaliniditunjukandaridataulanganharianselamakelasVIIsemestersatupersentaseketuntasanbelajarIPABiologisebesar10%.TujuanpenelitianinimengkajipenerapanmetodeinkuiriterbimbinguntukmeningkatkanminatketerampilaninkuiriterbimbingdanhasilbelajarIPABiologiuntukpokokbahasanpertumbuhandanperkembanganmakhlukhidupsertasistemgerakmanusiapadasiswakelasVIIIBdiSMPNegeri2Gemarang.PenelitianinidilakukandikelasVIIIBSMPN2Gemarangpadatanggal17September2012sampai19November2012.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiri2siklusmasing-masingsiklusterdiridari4kalipertemuan.TahapanPTKmeliputimerencanakantindakanmelakukantindakanmelakukanpengamatandanrefleksi.Penelitianinimenggunakanenaminstrumenpenelitianantaralain(1)angketminatsiswa(2)lembarobservasiminatsiswa(3)lembarobservasiketerampilaninkuiriterbimbingsiswa(4)lembarpenilaianlaporanpraktikumsiswa(5)soaltesakhirsiklus(6)angkettanggapansiswa.HasilpenelitianmenunjukkanminatsiswakelasVIIIBSMPN2GemarangbelajarIPABiologipadasiklus2meningkatbiladibandingkandengansiklus1.Temuanpenelitianinidiperkuatdengandatadarilembarobservasiminatsiswayangmenunjukkanminatsiswadalammemperhatikanmateripadasiklus2mengalamipeningkatansebasar223%daripadasiklus1sedangkanminatsiswapadasaatpraktikumpadasiklus2mengalamipeningkatansebesar190%daripadasiklus1.DatapadasikluskeduamenunjukkansemuasiswamendapatnilaiminatdiatasKKM.Keterampilaninkuiriterbimbingtahapmemprediksimengalamipeningkatansebesar457%diikutimerumuskanmasalahsebesar294%danketerampilanmenyimpulkanmeningkatsebesar228%.Keterampilanpraktikummengalamipeningkatansebesar168%diikutidenganketerampilanpengolahandatameningkatsebesar83%.Keterampilanpengumpulandatameningkatsebesar65%sedangkanketerampilanhipotesismeningkatsebesar54%.Keterampilanpengamatantidakmengalamipeningkatandanpenurunankarenaketerampilanpengamatanpadasiklus1dan2mendapatpersentasenilai100%.HasilbelajarsiswakelasVIIIBSMPN2GemarangdalambelajarIPABiologipadasiklus2meningkatbiladibandingkandengansiklus1.Temuanpenelitianinidiperkuatdengandatayangmenunjukkanpadasiklussatu1siswayangmendapatnilaitesdiatasKKMsedangkan22siswamasihmendapatnilaitesdibawahKKM.Datapadasikluskeduamenunjukkan23siswamendapatnilaitesdiatasKKMataumeningkat957%.PenerapanmetodeinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanminatsiswaketerampilaninkuirisiswadanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPABiologi.