Pengembangan modul pembelajaran bilangan bulat dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching ang Learning) untuk siswa kelas IV SD / Raddin Nur Shinta
Main Author: | Shinta, Raddin Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62600/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganModulCTLBilanganBulatSeiringdenganperkembanganduniapendidikansemakinbervariasipulabahanajaryangdapatdiberikankepadasiswasalahsatunyayaitumodul.BerdasarkansurveydilapanganternyatasebagianbesarSDNyangadadikecamatanDurenanKabupatenTrenggaleksalahsatunyayaituSDN4MalasanmasihmenggunakanbukupaketdaripemerintahdanLKSyangmasihbersifatdrillsoal.Denganpenggunaanbahanajartersebutkemampuanberfikirkreatifdankritissertakemandiriansetiapsiswajugatidakdapatberkembangsecaraoptimalsehinggakurangefektifdigunakandalampembelajaran.Berdasarkantesawalyangdiberikankepada17siswaSDN4Malasanbeberapasiswamasihkesulitandalammenyelesaikanoperasipenjumlahandanpenguranganpadabilanganbulat.Berdasarkanlatarbelakangtersebutsehinggadirasaperluuntukmengembangkanmodulbilanganbulatyangvalidpraktisdanefektif.ModulpembelajaranbilanganbulatinidikembangkandenganpendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)dimanadaribeberapapenelitiansebelumnyapendekataninimampumengatasimasalahyangterkaitdenganoperasipadabilanganbulat.ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpengembangandariPlompyangterbagimenjadilimafaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi(5)faseimplementasi.Rancanganpengembanganmoduliniakanmengadopsisampaipadafasekeempat.Instrumenpenelitianyangdisusunpadapenelitianiniterdiridari(1)angketresponahlidanpraktisi(2)angketsiswa(3)lembardanangketobservasi(4)lembartes.Produkpengembanganinitelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Ketercapaiankriteriavalidtercermindariangketvalidasidariahlidanpraktisidenganprosentasekevalidanyaitu9046%.Untukdataketercapaiankriteriaefektifitasmoduldiperolehmelaluiskorujikompetensisiswadanulanganhariansertaditentukandarihasilaktivitasdanresponsiswa.Skorsetiapsiswapadaujikompetensi1dan2telahmencapainilai75denganadasatusiswayangmendapatskorjauhdibawah75sehinggatidakdimasukkandalamanalisisdata.Sedangkanprosentaseketuntasanulanganharianyaitu8235%danprosentaseresponsiswayaitu875%.Analisisdatakepraktisanmoduldilihatdarikekonsistenanskorpengisianangketdarivalidatordanobserver.Skorrata-ratahasilvalidasiyaitu36(kriteriatinggi)danskorpengisianangketdariobserveryaitu35(kriteriatinggi).Karenasama-samamemilikikriteriatinggimakadapatdisimpulkanbahwamodulhasilpengembanganinipraktis.