Pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) dengan media mobil mainan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan operasi hitung bilnagan bulat siswa kelas IV SDN Mojolangu 4 Malang / Dyah Tri Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Dyah Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/62590/
Daftar Isi:
  • KataKunciteamsgamestournamentmediamobilmainanpemahamankonsepkeaktifanbelajaroperasihitungbilanganbulat.PelaksanaanpenelitianinidikarenakanolehadanyamasalahyangdihadapiolehsiswakelasIVSDNMojolangu4Malang.Merekamerasakesulitandalammemahamimaterimatematikakhususnyaoperasihitungbilanganbulatyangmelibatkanbilangannegatif.Sebagiansiswajugamenyebutkanmasihmengalamikesulitandalammeggambardanmembacaoperasihitungbilanganbulatpadagarisbilangan.Selainitudalamkegiatanpembelajaranmasihberpusatpadaguru(teachercentered)dankurangnyapenggunaanmediahalinidapatmenimbulkankonsepabstrakbagisiswadanmembuatsiswamerasabosansehinggakeaktifanbelajarsiswasangatkurang.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajarandanpenggunaanmediauntukmembangunpemahamankonsepdankeaktifanbelajarsiswapadamaterioperasihitungbilanganbulat.Usahayangdapatdilakukanguruuntukmenyelesaikanpermasalahaniniadalahdenganmenerapkanmodelteamsgamestorunament(TGT)danmediamobilmainan.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasdanbertujuanuntukmendeskripsikanpembelajaranmodelteamsgamestorunament(TGT)denganmediamobilmainanyangdapatmeningkatkanpemahamankonsepdankeaktifanbelajarpadamaterioperasihitungbilanganbulatsiswakelasIVSDNMojolangu4Malang.Darihasilpenelitiandiperolehbahwapenerapanmodelteamsgamestournament(TGT)denganmediamobilmainandapatmeningkatkanpemahamankonsepdankeaktifanbelajarsiswakelasIVSDNMojolangu4Malang.Langkah-langkahpembelajarannyaadalahsebagaiberikut(1)tahapawalgurumenyampaikantujuandanmemotivasisiswauntukmengingatmateriyangtelahdiperolehpadapertemuansebelumnya(2)presentasikelas(classpresentation)dilakukanolehgurubersamasiswadenganmenggunakanmediamobilmainanuntukmenerangkanmaterioperasihitungbilanganbulat.(3)kelompok(team)siswadikelompokkansecaraheterogenmembentukkelompokuntukbekerjasamaberdiskusimemecahkanmasalahdanmemperagakanmediamobilmainansesuaidengankegiatanyangadapadalembarkerja(4)permainan(game)dilaksanakansetelahkegiatankelompokpadasetiappembelajaransiswadiberikankartuyangberisisoalkemudiansiswayangdapatmenjawabdenganbenardancepatakanmendapatkanskor(5)pertandingan(tournament)dilaksanakansetelahtesakhirdenganmembentuksiswapadakelompoktournamentsecarahomogeniiberdasarkantingkatkemampuansiswapadamasing-masingmejatournamentdiberikankartuyangberisisoalkemudiansiswayangdapatmenjawabdenganbenardancepatakanmendapatkanskordan(6)penghargaankelompok(teamrecognize)diberikankepadakelompokbelajaryangmemperolehskortertinggidanmendapatkanpenghargaansebagaiGOODTEAM.KriteriakeberhasilanyangtelahditetapkanpenelititercapaipadasiklusIIyaitupersentaserata-rataskorhasiltesakhirmeningkatdari72%menjadi88%halinimenunjukkanbahwapemahamankonsepsiswasemakinbaikdanpersentaseobservasikegiatansiswameningkatdari80%menjadi92.5%haltersebutmenunjukkansiswasangataktifdalamprosespembelajarandikelas.