Pengembangan perangkat pembelajaran talent unlimited model berbasis kreativitas dan potensi diri siswa SMP dalam bidang IPA Biologi / Emi Chusnaini

Main Author: Chusnaini, Emi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/62588/
Daftar Isi:
  • KatakunciTalentUnlimitedModelkreativitaspotensidiriPotensiyangdimilikisiswaSMPN1Lumajangsangatberagam.BerdasarkaninputsiswaSMPN1LumajangsebagianbesarsiswaSMPN1Lumajangmemilikiprestasiakademikmaupunnonakademikyangtinggi.BerdasarkandatatersebutmakaperludilakukansebuahpenelitianuntukmenggalipotensidiridalamprosespembelajaransertamemunculkankreativitassiswaSMPN1LumajangyaitupenelitianyangmengembangkanperangkatpembelajarandenganmenggunakanTalentUnlimitedModeldalamprosespembelajarannya.PembelajaranTalentUnlimitedModel(TUM)sudahdilakukanolehbeberapapenelitimisalnyaNewman(2005)diAlabama.Newman(2005)menemukanbahwaprosespembelajaranTUMlebihmeningkatkankreativitasbelajarsiswadibandingkandenganprosespembelajaranyangtidakmenggunakanTUM.SelainitudalampenelitiannyatersebutdinyatakanbahwaprodukyangdihasilkanolehsiswadalamsetiappembelajarandenganmenggunakanTUMmenunjukkankualitasyanglebihtinggi.PenelitianlaindilakukanolehNewmandanZupko(2006).PenelitianinimenghasilkanperangkatpembelajaranTalentUnlimitedModelyangmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)handoutdanLembarKegiatanSiswa(LKS).HandoutyangdikembangkanberpasangandenganLKS.LKSyangdikembangkanberisilangkah-langkahprosespembelajaranTUMyangakandilakukanolehsiswa.Langkah-langkahpembelajaranTalentUnlimitedmeliputienamtahapyaituproductivethinkingdecisionmakingplanningforecastingcommunicationdanacademic.Tahapan-tahapantersebutdapatdijabarkandalamsintakspembelajaranTalentUnlimitedModelyangmerupakanaktivitasyangdilakukansiswadanguruselamaprosespembelajaranberlangsung.BerdasarkanhasilvalidasiahlidanujiketerbacaanolehsiswadiperolehbahwaperangkatpembelajaranTUMsudahlayak/validdigunakan.Berdasarkandatacheclistdariahlimateridanahliperangkatpembelajarandiperolehpersentasekelayakan83%untukRPP80%untukhandoutdan92%untukLKS.Perangkatpembelajaranyangdikembangkandalampenelitianiniperludigunakanolehdalamprosespembelajarandikelaskarenadapatmenunjangpelaksanaanpembelajaranuntukmeningkatkankreativitassiswa.Siswayangkreatifakandapatmemunculkanpotensidiriyangdimilikinya.Ketikapotensiitumunculmakarasapercayadirisiswaakanmunculsehinggasiswaakanmemilikikemandiriantinggi.