Pengembangan perangkat pembelajaran talent unlimited model berbasis kreativitas dan potensi diri siswa SMP dalam bidang IPA Biologi / Emi Chusnaini
Main Author: | Chusnaini, Emi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62588/ |
Daftar Isi:
- KatakunciTalentUnlimitedModelkreativitaspotensidiriPotensiyangdimilikisiswaSMPN1Lumajangsangatberagam.BerdasarkaninputsiswaSMPN1LumajangsebagianbesarsiswaSMPN1Lumajangmemilikiprestasiakademikmaupunnonakademikyangtinggi.BerdasarkandatatersebutmakaperludilakukansebuahpenelitianuntukmenggalipotensidiridalamprosespembelajaransertamemunculkankreativitassiswaSMPN1LumajangyaitupenelitianyangmengembangkanperangkatpembelajarandenganmenggunakanTalentUnlimitedModeldalamprosespembelajarannya.PembelajaranTalentUnlimitedModel(TUM)sudahdilakukanolehbeberapapenelitimisalnyaNewman(2005)diAlabama.Newman(2005)menemukanbahwaprosespembelajaranTUMlebihmeningkatkankreativitasbelajarsiswadibandingkandenganprosespembelajaranyangtidakmenggunakanTUM.SelainitudalampenelitiannyatersebutdinyatakanbahwaprodukyangdihasilkanolehsiswadalamsetiappembelajarandenganmenggunakanTUMmenunjukkankualitasyanglebihtinggi.PenelitianlaindilakukanolehNewmandanZupko(2006).PenelitianinimenghasilkanperangkatpembelajaranTalentUnlimitedModelyangmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)handoutdanLembarKegiatanSiswa(LKS).HandoutyangdikembangkanberpasangandenganLKS.LKSyangdikembangkanberisilangkah-langkahprosespembelajaranTUMyangakandilakukanolehsiswa.Langkah-langkahpembelajaranTalentUnlimitedmeliputienamtahapyaituproductivethinkingdecisionmakingplanningforecastingcommunicationdanacademic.Tahapan-tahapantersebutdapatdijabarkandalamsintakspembelajaranTalentUnlimitedModelyangmerupakanaktivitasyangdilakukansiswadanguruselamaprosespembelajaranberlangsung.BerdasarkanhasilvalidasiahlidanujiketerbacaanolehsiswadiperolehbahwaperangkatpembelajaranTUMsudahlayak/validdigunakan.Berdasarkandatacheclistdariahlimateridanahliperangkatpembelajarandiperolehpersentasekelayakan83%untukRPP80%untukhandoutdan92%untukLKS.Perangkatpembelajaranyangdikembangkandalampenelitianiniperludigunakanolehdalamprosespembelajarandikelaskarenadapatmenunjangpelaksanaanpembelajaranuntukmeningkatkankreativitassiswa.Siswayangkreatifakandapatmemunculkanpotensidiriyangdimilikinya.Ketikapotensiitumunculmakarasapercayadirisiswaakanmunculsehinggasiswaakanmemilikikemandiriantinggi.