Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif disertai peta konsep materi organ peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang / Afib Rulyansah

Main Author: Rulyansah, Afib
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/62560/
Daftar Isi:
  • RulyansahAfib.2013.PengembanganBahanAjarMultimediaInteraktifdisertaiPetaKonsepMateriOrganPeredaranDarahManusiauntukSiswaKelasVSDNBandungrejosari3Malang.TesisProgramStudiPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SentotKusairiM.Si.(II)Dr.SultonM.Pd.KataKunciBahanAjarMultimediaInteraktifPetaKonsepOrganPeredaranDarahManusia.MateriorganperedarandarahmanusiaterdapatpadakelasVsekolahdasarsemester1tergolongabstrakkarenasiswasulitmengamatisecaralangsungorganperedarandarahjikatidakadaobjekfisikuntukmemodelkanhaltersebut.Halinimempengaruhiketertarikansiswadalambelajarmateritersebutsehinggaberdampaknegatifpadahasilbelajarsiswa.Permasalahandiatasperlusecepatnyadiselesaikan.Salahsatualternatifpemecahanmasalahyaitumengembangkanbahanajardisesuaikandengankarakteristiksiswa.Bahanajarmultimediainteraktifmerupakansalahsatujenisbahanajar.Bahanajarmultimediainteraktifmemilikikeunggulantersendiridibandingkanbahanajarlain.Pembelajaranbermaknadapatdilakukanmelaluipetakonsep.Petakonsepmemberikanbantuanvisualuntukmengorganisasikankonsep-konsepyangakandipelajari.DenganpertimbangantersebutdikembangkanBahanAjarMultimediaInteraktifdisertaiPetaKonsepini.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)menghasilkanbahanajarmultimediainteraktifdisertaipetakonsepyangvalidpraktismenarikdanefektifdan(2)mendeskripsikanbahanajarmultimediainteraktifdisertaipetakonsepyangvalidpraktismenarikdanefektif.PengembanganBahanAjarMultimediaInteraktifdisertaiPetaKonsepinimenggunakanModelPengembanganModifikasiBorgGall.Secaragarisbesarlangkahpenelitianiniyaitu(1)StudiPendahuluan(2)Perencanaan(3)DesainProduk(4)ValidasiProduk(5)UjiCobaProdukdan(6)ProdukAkhir.Dilakukanstudipustakadansurveylapanganpadastudipendahuluan.Dilakukananalisisstrukturisiperumusantujuanpembelajaranpengembanganinstrumenujikelayakanprodukdanpenyusunanstoryboardpadatahapperencanaan.Dilakukanpenyusunanbahanajardanpetunjukpenggunaannyapadatahapdesainproduk.Validasiprodukdiberikankepadaahlimateridanahlimedia.UjiCobaProdukdilakukandenganujicobaterbataskepadagurudansiswadilanjutkanrevisisehinggadidapatkanprodukakhirBahanAjarMultimediaInteraktifdisertaiPetaKonsep.Ujicobaprodukterdiriatasujicobaawaldanujicobaterbatas.Ujicobaawalterdiriatasvalidasiahlimateridanvalidasiahlimedia.Hasilvalidasiahlimaterimencapai83%danhasilvalidasiahlimediamencapai73%.Ujicobaterbatasdilakukankepadagurudansiswa.Hasilrata-rataangketkepraktisangurudansiswamencapaipersentase9538%.Hasilangketkemenarikansiswamencapaipersentase9076%.Hasilevaluasibelajarsiswamenunjukkan27siswa(82%)telahtuntasbelajardan6siswa(18%)tidaktuntasbelajar.BerdasarkanhasildiatasbahanajarmultimediainteraktifdisertaipetakonseptelahvalidpraktismenarikdanefektifdigunakandalampembelajaranIPAkelasVsekolahdasarmateriorganperedarandarahmanusia.