Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi genius learning pada siswa MI Darut Taqwa Pasuruan / Achmad Yusuf

Main Author: Yusuf, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/62556/
Daftar Isi:
  • KataKuncistrategigeniuslearningkemampuanmenuliskarangannarasipengalamanpribadi.Menulismerupakankemampuanyangharusdikuasaiolehsiswasekolahdasar/madrasahibtidaiyah(MI)sebagaimanadiamanatkandalamkurikulumyaitusiswamampumenuliskaranganberdasarkanpengalamandenganmemperhatikanpilihankatadanpenggunaanejaan.Akantetapipadakenyataannyaberdasarkanhasilstudipendahuluandiketahuibahwasebagianbesarnilairata-ratakemampuanmenuliskarangannarasiberdasarkanpengalamanpribadisiswakelasVMIDarutTaqwarendah.Darijumlah38siswadiketahui23siswamemperolehnilaidibawahKKM(75)sedangkan15siswabelummampumenyelesaikantugaskarangannya.Haliniditandai(1)antusiasmesiswadalammengikutipembelajaranmenulispengalamanpribadikurang(2)respondanminatsiswasangatkurang(3)rendahnyainisiatifdanimajinasisiswadalampembelajaranmenulispengalamanpribadi(4)siswakurangaktifdalammemberikanidedankurangbekerjasamadengantemannyadalammembuatkarangandan(5)siswakurangmampumengembangkankarangannarasi.Penyebabkurangnyakemampuanmenuliskarangannarasiberdasarkanpengalamanpribadiadalahpenerapanstrategidalampembelajaranmenulispengalamanpribadimasihterpusatpadaguru(teachercentered)bersifatmonotondankurangbervariasi.Untukmengatasimasalahtersebutsalahsatustrategiyangefektifuntukmeningkatkankualitasproseskemampuanmenuliskarangannarasiyaituditerapkannyastrategigeniuslearning.Strategiinimenggunakangayabelajarsiswa(modalitas)visualauditoridankinestetikyangditerapkanterdiriatastigatahappramenulissaatmenulisdanpascamenulis.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif/kritisdenganrancanganpenelitiantindakankelasmelaluiempattahap(1)rencanatindakan(2)pelaksanaantindakan(3)observasidan(4)refleksi.Datapenelitianiniterdiridaridataprosespembelajaranstrategigeniuslearningdandatahasilkemampuanmenuliskarangannarasi.Dataprosesdiperolehdariaktivitasbelajarsiswapadatahappramenulissaatmenulisdanpascamenulis.Datahasildiperolehdarikarangansiswa.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitidibantugurukolaboratordenganmenggunakanlembarpedomanobservasiaktivitassiswapedomanrubrikpenilaianhasilkarangan.Kriteriakeberhasilandaripembelajaranmenulispadapenelitianiniadalah75%siswamendapatnilaisesuaidenganKKMyaitu75.Berdasarkantemuanpenelitianpenerapanstrategigeniuslearninguntukmeningkatkankemampuanmenuliskarangannarasiberdasarkanpengalamanpribadidenganlangkah(1)tahappramenulis(a)mengondisikansuasana(b)menghubungkanmateridenganpengalaman(c)membuatgambaranbesar(mindmapping)dan(d)menetapkantujuanpembelajaran(2)tahapsaatmenulis(a)memasukkaninformasi(b)mengaktifkanpengetahuan(c)mendemonstrasikandan(3)tahappascamenulisyaknimengulangidanmenjangkarkan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanstrategigeniuslearningdapatmeningkatkankualitasprosesdankualitashasilkemampuanmenuliskarangannarasipadasiswakelasVMIDarutTaqwaPasuruan.Peningkatankualitasprosesdibuktikandenganrata-ratapersentaseyangterusmeningkatdarisiklusI-II.Secaraumumpadakeempataspekberkategorisangatbaik(86-100)yaituaspekrespon(97%)motivasi(98%)keaktifan(92%)dankerjasama(90%).Aspekresponditandaidenganekspresiyangsangatsenangbanyakbertanyadanmenunjukanwajahberseri-serisertagembirapadasaatsiswamengikutipembelajaranmenulispengalamanpribadi.Aspekmotivasiditandaidengansikapsangatbersemangatdansegeramelakukansetiaptugas-tugasyangdiberikangurusaatpembelajaran.Aspekkeaktifanditandaidenganaktivitassiswayangsangataktifberpendapataktifmemberikanidepadatemandanselaluterlibatsaatmelakukankegiatanpengamatan.Aspekkerjasamaditandaidenganaktivitassiswamampubekerjasamadengansangatbaikbersamaanggotakelompoksaatpembelajaranmenulispengalamanpribadi.Hasilkemampuanmenuliskarangannarasiterbuktimeningkatdiketahuinilairata-ratapenilaianaspekkemampuanmenuliskarangannarasidari22%padapratindakanmenjadi76%padasiklusIdanmenjadi89%padasiklusII.AdapunsecaraterinciaspeknarasisiklusIsebagianbesar(56%)baik(76-85)sisanya(41%)cukup(66-75)dan(3%)kurang(56-65)meningkatlagipadasiklusIIsebagianbesar(62%)baik(76-85)dan(22%)sangatbaik(86-100)sisanya(16%)cukup.AspekpenggunaanbahasapadasiklusIsebagianbesar(61%)cukup(66-75)sisanya(37%)baik(76-85)dan(2%)kurangsiklusIIsebagianbesar(66%)baik(76-85)dan(7%)sangatbaik(86-100)sisanya(25%)cukup(66-75).AspekmekanikalpadasiklusIsebagianbesar(68%)baik(76-100)dan(12%)sangatbaiksisanya(24%)cukup(66-75)dan(3%)kurangsiklusIIsebagianbesar(54%)sangatbaik(86-100)dan(38%)baik(76-85)sisanya(6%)cukup(66-75)dan(1%)kurang.BerdasarkantemuanpenelitiandisarankankepadaguruSDagarmenerapkanstrategigeniuslearningsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkankemampuanmenuliskarangannarasiataukaranganyanglain.berdasarkanpengalamanpribadimengondisikansuasanakelasdengancaramelaksanakansenamotakmenyambutkedatangansiswadenganramahagarsiswamerasaamandannyamanagarlebihsiapbelajarsertamenggunakanpemanfaatanmediapembelajaranberdasarkangayabelajarsiswavisualauditoridankinestetik(modalitas).