Penerapan model pembelajaran project citizen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Luqman

Main Author: Luqman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/62551/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranprojectcitizenketerampilanberpikirkritisdankreatif.PeningkatanketerampilanberpikirkritisdankreatifsebagaifokuspenelitianinibermuladarihasilstudipendahuluanbahwapembelajaranPKndiSDIslamSabilillahMalangkhususnyapadakelasVmasihbelumoptimal.PembelajaranPKnmasihbelummemberikanpengalamanbelajaruntukmengembangkanketerampilanberpikirkritisdankreatifsepertiyangdiamanatkankurikulum.Pembelajarandidominasimetodeceramahtanyajawabdanpenugasan.LKSyangdiberikankepadasiswajugamasihbelummemberikanpengalamanbelajaryangmengarahkepadaketerampilanberpikirkritisdankreatif.DemikianhalnyadenganUjiKompetensiyanglebihmengarahkepadaaspekkognitiftingkatC1danC2.Olehkarenaituperluadanyastrategipembelajaranyangberorientasikepadaketerampilanberpikirkritisdankreatifyangdilandasinilai-nilaiPancasila.Modelpembelajaranprojectcitizenmerupakaninstructionaltreatmentyangberbasismasalahuntukmengembangkanpengetahuankecakapandanwatakkewarganegaraansertamengembangkanketerampilanberpikirkritisdankreatifyangdidasariolehnilai-nilaiPancasila.Olehkarenaitutujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranprojectcitizenuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdankreatif(2)mengetahuipeningkatanketerampilanberpikirkritisdenganmenerapkanmodelpembelajaranprojectcitizendan(3)mengetahuipeningkatanketerampilanberpikirkreatifdenganmenerapkanmodelpembelajaranprojectcitizen.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilakukandikelasVDSDIslamSabilillahMalangpadasemesterGenaptahunpelajaran2011/2012.Gurudalampenelitianiniselainmenjadipenelitijugaberperansebagaiperencanapelaksanapengumpuldatapenganalisisdatapenafsirsekaligussebagaipelaporhasilpenelitian.Datapenelitianinidiperolehdarihasil(1)observasikegiatanguru(2)observasikegiatansiswadan(3)analisishasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwapenerapanmodelprojectcitizenuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdankreatifmelalui6(enam)langkahyangdilakukansecaraberkelompok.Langkah-langkahtersebutadalah(1)Mengidentifikasimasalah.Kelompokmengidentifikasimasalahyangterdapatdilingkungansekitarkemudianmenuliskanalasandarimasing-masingmasalahyangtelahditemukan/diidentifikasiuntukmengembangkanketerampilanberpikirkritis.(2)Memilihmasalah.Kelompokmelakukanmusyawarahmufakatuntukmemilihsatumasalahyangakanmenjadikajiandanbahasankelompok.Siswadibimbingdandifasilitasiuntukmemberikanalasanpemilihanmasalah.(3)Mengumpulkaninformasi.Setelahkelompokmenentukansatupermasalahankelompokmengumpulkaninformasiselengkapdansebanyakmungkindariberbagaisumbertentangmasalahyangdibahas.(4)Mengembangkanportofolio.Informasiyangtelahdiperolehkelompokkemudiandituangkandalamportofolio.Siswamenuliskanhal-halyangberkaitandenganpokokpermasalahandata-datayangberhubungandenganmasalahdangagasan-gagasanuntukmengatasimasalah.(5)Menyajikanportofolio.Kelompokmenyajikan/mempresentasikanportofoliountukmenjelaskanpermasalahandangagasansiswauntukmengatasimasalahkepadaseluruhsiswadanundangan(pihaksekolah).(6)Refleksipengalamanbelajar.Siswadiajakuntukmengevaluasihal-halyangtelahdilakukanselamapembelajarandanmemberikanpenguatankepadasiswauntukselalupekakritisdankreatifterhadaphal-halyangadadisekitar.Secarakuantitatifpenerapanmodelpembelajaranprojectcitizendapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisyaitu743padasiklusImenjadi839padasiklusII.Selainitupenerapanmodelpembelajaranprojectcitizenjugadapatmeningkatkanketerampilanberpikirkreatifyaitu708padasiklusImenjadi756padasiklusII.