Pengembangan model permainan tradisional Geprek Kempung dan Gobag Sodor untuk pembelajaran IPS kleas IV sekolah dasar / Mohammad Toha

Main Author: Toha, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/62549/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranpermainantradisionalgeprekkempunggobagsodorIPS.SesuaidenganamanatKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)gurusebagaiagenpembelajarharusmampumenyajikanpembelajaransecarakontektualdenganmelibatkanlangsungperansertasiswasecaraaktif(studentcentre).SecarakonsepsionalmatapelajaranIPSdekatdenganlingkungan.OlehkarenaitupembelajaranIPSkhususnyaditingkatsekolahdasar(SD)seharusnyamemanfaatkansecaraoptimalpotensilingkungansebagaisumberbelajaragarpembelajaranmenjadilebihbermakna.KenyataannyahalinibelumdilakukansepenuhnyaolehgurupembelajaranIPSdiSDcenderungtidakkontekstual.Potensilingkungansetempatkhususnyapermainantradisionalbelumdiman-faatkangurusecaraoptimalsebagaisumberbelajardalamprosespembelajarandisekolah.Olehkarenaituperluupayapengembanganmodelpembelajaranberbasispermainantradisional.Darisekianbanyakpermainantradisionaldipilihpermainangeprekkempungdangobagsodor.SecaraumumpenelitianpengembanganinibertujanuntukmenghasilkansebuahprodukmodelpembelajaranIPSSDyangefektifdaninovatifdenganmemanfaatkansumberbelajaryangadadilingkungansekitarberbasispermainantradisional.SecarakhususpenelitianpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukberupamodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsodoruntukpembelajaranIPSkelasIVmateriPerkembanganTeknologiProduksidanKomunikasiyangdilengkapidenganRPPbukupanduandanalat/mediakeduapermainantersebut.PenelitiandanpengembanganinimengadopsiteoriBorgdanGallyangdimodifikasimenjadilimatahapanyakni1)studipendahuluan2)mengem-bangkanprodukawal3)validasiahlidanrevisi4)ujicobalapanganskalakecilsertarevisiprodukdan5)ujicobalapanganskalabesardanrevisiprodukakhir.Untukmengukurefektifitasprodukdigunakaninstrumentpengumpulandataberupaangketpenilaiandanteshasilbelajar.ValidatorahliterdiridariahlidesainmodelpembelajarandanahlimateriIPS.RespondenpadakegiatanujicobaskalakecilterdiridarisatuorangguruIPSdan21siswakelasIVSDNKarangbesuki2.AdapunrespondenuntukujicobaskalabesarterdiridarisatuorangguruIPSdan37siswakelasIVSDNKarangbesuki3.ModelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsodorinitelahdivalidasiolehahlidesainmodelpembelajarandanahlimateriIPS.Berdasarkanmasukandansarandarikeduaahlitersebutmodelinisudahdirevisisebelumdiujicobakan.Adapunhasildaripenilaian/tanggapansiswadanguruIPSSDdalamujicobaskalakecilmaupunujicobaskalabesardapatdisimpulkanbahwasecaraumumrespondenmemberikanpenilaianfositifpadakeduapermainantersebut.Selanjutnyahasilanalisisdatasoal/testerdapatpeningkatansecarasignifikanantararata-ratanilaiawalsebelumpenerapanmodelpermainangeprekkempungdangobagsogordenganrata-ratanilaiakhirsesudahpenerapanmodelpermainangeprekkempungdangobagsogor.Padakegiatanujicobakelompokkecildiketahuinilairata-ratapadapre-tes547368danpost-test84.7368.sedangkanhasilbelajarpadaujicobakelompokbesarpre-test644118danpost-test83.5294.Dengankatalainmeanscoretestkedualebihbesardaripadameanscoretestpertama.Untuksaranpengembanganselanjutnya(1)diharapkanmodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsogorinibisadimanfaatkanbukanhanyauntukpembelajaranIPSnamunsemuamatapelajarandisekolahdasar(2)sebelummenerapkanmodelpermainaninihendaknyadilihatdulukarakteristikkompetensidasarnyaatauindikatornyaagaradarelevansiantaramateriyangakandipelajaridenganmodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsogor(3)muatanbelajarnyaharuslebihditekankandaripadamuatanbermainnyakarenainikonteksnyabelajarsambilbermainbukanbermainsambilbelajar.