Pengembangan model permainan tradisional Geprek Kempung dan Gobag Sodor untuk pembelajaran IPS kleas IV sekolah dasar / Mohammad Toha
Main Author: | Toha, Mohammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62549/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranpermainantradisionalgeprekkempunggobagsodorIPS.SesuaidenganamanatKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)gurusebagaiagenpembelajarharusmampumenyajikanpembelajaransecarakontektualdenganmelibatkanlangsungperansertasiswasecaraaktif(studentcentre).SecarakonsepsionalmatapelajaranIPSdekatdenganlingkungan.OlehkarenaitupembelajaranIPSkhususnyaditingkatsekolahdasar(SD)seharusnyamemanfaatkansecaraoptimalpotensilingkungansebagaisumberbelajaragarpembelajaranmenjadilebihbermakna.KenyataannyahalinibelumdilakukansepenuhnyaolehgurupembelajaranIPSdiSDcenderungtidakkontekstual.Potensilingkungansetempatkhususnyapermainantradisionalbelumdiman-faatkangurusecaraoptimalsebagaisumberbelajardalamprosespembelajarandisekolah.Olehkarenaituperluupayapengembanganmodelpembelajaranberbasispermainantradisional.Darisekianbanyakpermainantradisionaldipilihpermainangeprekkempungdangobagsodor.SecaraumumpenelitianpengembanganinibertujanuntukmenghasilkansebuahprodukmodelpembelajaranIPSSDyangefektifdaninovatifdenganmemanfaatkansumberbelajaryangadadilingkungansekitarberbasispermainantradisional.SecarakhususpenelitianpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukberupamodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsodoruntukpembelajaranIPSkelasIVmateriPerkembanganTeknologiProduksidanKomunikasiyangdilengkapidenganRPPbukupanduandanalat/mediakeduapermainantersebut.PenelitiandanpengembanganinimengadopsiteoriBorgdanGallyangdimodifikasimenjadilimatahapanyakni1)studipendahuluan2)mengem-bangkanprodukawal3)validasiahlidanrevisi4)ujicobalapanganskalakecilsertarevisiprodukdan5)ujicobalapanganskalabesardanrevisiprodukakhir.Untukmengukurefektifitasprodukdigunakaninstrumentpengumpulandataberupaangketpenilaiandanteshasilbelajar.ValidatorahliterdiridariahlidesainmodelpembelajarandanahlimateriIPS.RespondenpadakegiatanujicobaskalakecilterdiridarisatuorangguruIPSdan21siswakelasIVSDNKarangbesuki2.AdapunrespondenuntukujicobaskalabesarterdiridarisatuorangguruIPSdan37siswakelasIVSDNKarangbesuki3.ModelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsodorinitelahdivalidasiolehahlidesainmodelpembelajarandanahlimateriIPS.Berdasarkanmasukandansarandarikeduaahlitersebutmodelinisudahdirevisisebelumdiujicobakan.Adapunhasildaripenilaian/tanggapansiswadanguruIPSSDdalamujicobaskalakecilmaupunujicobaskalabesardapatdisimpulkanbahwasecaraumumrespondenmemberikanpenilaianfositifpadakeduapermainantersebut.Selanjutnyahasilanalisisdatasoal/testerdapatpeningkatansecarasignifikanantararata-ratanilaiawalsebelumpenerapanmodelpermainangeprekkempungdangobagsogordenganrata-ratanilaiakhirsesudahpenerapanmodelpermainangeprekkempungdangobagsogor.Padakegiatanujicobakelompokkecildiketahuinilairata-ratapadapre-tes547368danpost-test84.7368.sedangkanhasilbelajarpadaujicobakelompokbesarpre-test644118danpost-test83.5294.Dengankatalainmeanscoretestkedualebihbesardaripadameanscoretestpertama.Untuksaranpengembanganselanjutnya(1)diharapkanmodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsogorinibisadimanfaatkanbukanhanyauntukpembelajaranIPSnamunsemuamatapelajarandisekolahdasar(2)sebelummenerapkanmodelpermainaninihendaknyadilihatdulukarakteristikkompetensidasarnyaatauindikatornyaagaradarelevansiantaramateriyangakandipelajaridenganmodelpermainantradisionalgeprekkempungdangobagsogor(3)muatanbelajarnyaharuslebihditekankandaripadamuatanbermainnyakarenainikonteksnyabelajarsambilbermainbukanbermainsambilbelajar.