Penerapan pembelajaran model siklus belajar (the 5E learning cycle model) untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah dan motivasi belajar IPA siswa kelas VII-C SMPN 1 Sukodono Lumajang / Mas'udah

Main Author: Mas'udah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/62534/
Daftar Isi:
  • JurusanIPATerpaduProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ArifHidayatM.Si(II)Dra.EndangPurwaningsihM.Si.KatakunciSiklusbelajarKeterampilanprosesMotivasimbelajar.Kemampuanakademiksiswadikelaspadaumumnyaheterogen.Kondisisepertiinimerupakansuatukesulitantersendiribagiseorangguruterutamadalampengelolaankelas.Olehkarenaitugurudituntutuntukmampumengatasihaltersebutmelaluipenerapansuatumetodedengantepat.Kegiatanpembelajarankiniharusmengedepankanpembelajaranyangberpusatpadapenyesuaianguruterhadapkebutuhansiswasehinggasiswadapatlebihaktifkreatifdanmerasasenangdalamlingkunganbelajarnya.HasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudisertamelakukanpengamatanlangsungpembelajarandikelaspadaSMPN1SukodonokhususnyakelasVII-CpadapembelajaranIPAditemukanbeberapapermasalahandiantaranyaadalah1)siswakurangaktifdalamkegiatanbelajar2)padasaatgurusudahmenerangkanhampir50%siswamasihbelumsiapdenganpembelajaran3)aktivitassiswadalamkegiatanpembelajaranmasihrendahpadasaatgurumemberikanpertanyaankurangdari30%siswayangmengacungkantangan4)selamaprosesdiskusikelompokhanyamengandalkantemanyangdianggappandaiataupalingmampudalamkelompoktersebut5)kegiatanpembelajaranmasihdidominasigurudansiswakurangdiberikesempatanuntukmengemukakanpendapatdalamprosespembelajaran.6)rata-ratakriteriaketerampilanprosesyangdimilikisiswadalambelajarkurangbaik(KB)denganpersentaseantara25-49%sehinggasiswacenderungsulituntukmenyelesaikanpermasalahansendiri7)Hasilbelajarsiswaketuntasansecaraklasikalbarumencapai7586%sehinggakelasdinyatakanbelummencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM).Untukmengatasiadanyamasalahdalamkegiatanbelajarmengajardikelastersebutperluadanyaperbaikanmodelpembelajaran.SalahsatuinovasipembelajaranyangdidalamnyaterdapatserangkaianaktivitasuntukmemperolehpengetahuanselamaprosespembelajaranadalahdenganmenerapkanThe5ELearningCycleModel(LCM)Dalamthe5ELCMsetiapfasesiswadiberikesempatanuntukberlatihmengoperasikanalatberlatihmenghitungdanmenganalisisdatamengaplikasikankonsepfisikadikehidupansehari-harimengambilkesimpulandarimateriyangdisampaikan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridaritigakalipertemuan.Pengumpulandatadilaksanakanmulaitanggal22Aprilsampai3Juli2010.SubjekyangditelitiadalahsiswakelasVII-CSMPN1Sukodonoyangberjumlah29siswayangdatanyadapatdianalisisdandisimpulkanyangterdiridari16siswaperempuandan13siswalaki-laki.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmodelsiklusbelajar(learningcycle)dapatmeningkatkanketerampilanprosesilmiahdanprestasibelajarIPAsiswadikelasVII-CSMPN1Sukodono.PeningkatanketerampilanprosesilmiahsiswadidasarkanpadapenguasaaanaspekKetrampilanProsesSiswa.HasilpenelitianmenunjukkanmotivasibelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.Hasilpenjaringandatadenganangketmenunjukkanadapeningkatanmotivasisebesar4%dari84%padasiklusImenjadi88%padasiklusII.HasilobservasimenunjukkanmotivasibelajarsiswajugameningkatdarisiklusIkesiklusIIsebesar65%.HasilbelajarHasilbelajarIPAsiswaklasikalsiswaberupateskognitifmeningkatsebesar12%darisiklusIkesiklusIIyaitudarisiklusIsebesar7586%kesiklusIIsebesar8620%.Peningkatantersebutsudahmemenuhiketuntasanyangditetapkanyaitu85%.Sarandalampenelitianini(1)Hasildaripenerapanpembelajaranmodelsiklusbelajar(learningcycle)terbuktitelahberhasilmeningkatkanketerampilanprosesilmiahdanprestasibelajarsiswaolehkarenaitubagigurubidangstudidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaraninipadamateridengankarakteristikyangsesuai.(2)BagitenagapengajaryangtertarikmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle-baiknyamempertimbangkanhal-halsepertikesiapangurukesiapansiswadanketer-sediaanwaktuuntukmenyusunbahanpembelajaran.(3)Gurudiharapkanmelakukanupayapendekatanuntuklebihmemotivasisiswayangseringmembuatramaidangaduhsehinggapelaksanaankegiatanpembe-lajarandapatberjalanlancardandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(4)Guruhendaknyadapatmelakukanpendekatansecarakhususpadasiswayangbermasalahuntuklebihmeningkatkanmotivasibelajarnya.