Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo, Kec.Bancar, Kab.Tuban / Yuyun Dwi Yuliana

Main Author: Yuliana, Yuyun Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/62504/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYulianaYuyunDwi.2010.PeningkatanPemahamanKonsepPecahanMelaluiPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)padaSiswaKelasIVdiSDNSukoharjoKecamatanBancarKabupatenTubanProgramStudiPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.H.AkbarSutawidjajaM.Ed.Ph.D.dan(II)Dr.Hj.CholisSadijahM.Pd.M.A.KatakuncipeningkatanpemahamankonseppecahanpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME).Pecahanmerupakansalahsatumateriyangsangatpentingdalammatematikadanbanyakdigunakandalamkehidupansehari-hari.NamunpemahamanterhadapkonseppecahaniniolehsiswakelasIVSDNSukoharjomasihtergolongrendah.Rendahnyapemahamansiswaterhadapkonseppecahaniniantaralaindisebabkankarenapembelajaranyangyangbiasanyaditerapkantidakmemberikesempatankepadasiswauntukmengkonstrukpengetahuannyasendiri.Gurumemberikanpenjelasansecaralangsungtentangmaterimemberikancontoh-contohsoaldansoallatihansehinggasiswahanyamenghafaldanbekerjasecaraprosedural.Selainitusiswajugatidakdiberikesempatanuntukmenerapkankonseppecahandalamkehidupansehari-hari.Olehkarenaituperludiciptakansuatukondisipembelajaranyangdapatmembantusiswamenemukansendirikonseppecahanberdasarkanpengalamandanrealitasyangdimiliki.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanrancanganpembelajaranmelaluipendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)yangdigunakanuntukmeningkatkanpemahamankonseppecahanpadasiswakelasIVSDNSukoharjotahunajaran2009/2010(2)MendeskripsikanpelaksanaanrancanganpembelajaranmelaluipendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)untukmeningkatkanpemahamankonseppecahanpadasiswakelasIVSDNSukoharjotahunajaran2009/2010(3)MendeskripsikanhasildaripelaksanaanrancanganpembelajarandenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)untukmeningkatkanpemahamankonseppecahanpadasiswakelasIVSDNSukoharjotahunajaran2009/2010dan(4)mendeskripsikanresponsiswaterhadappembelajarandenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)padamateripenjumlahandanpenguranganpecahan.UntukmencapaitujuantersebutpenelitidalampenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelaspadasiswakelasIVdiSDNSukoharjo.Penelitianinidilaksanakandalam3(tiga)siklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datapenelitiandiperolehdarihasiltesawaldantesakhirsiswahasilpengamatankegiatanmengajargurudankegiatanbelajarsiswasertahasilwawancaradengansiswa.Langkah-langkahpembelajaranmatematikamelaluipendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)yangdihasilkandalampenelitianiniterdiridariempatlangkahyaitu(1)memberikandanmemahamimasalahkontekstual(2)menyelesaikanmasalahkontekstualdenganbantuanbenda-bendakonkret(3)membandingkandanmendiskusikanjawabandan(4)membuatkesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmelakukankegiatan-kegiatanyangsesuaidenganpengalamansiswadanpenggunaanbenda-bendakonkretdapatmembangunpemahamankonseppecahanpadasiswakelasIVdiSDNSukoharjo.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanhal-halsebagaiberikut(1)diperlukansosialisasilebihlanjutdisekolahsehinggadalampelaksanaanpembelajarandenganpendekatanRMEtidakmenyimpang(2)DalampelaksanaankegiatanpembelajarandenganpendekatanRMEguruhendaknyaberperansebagaifasilitatordanmediator(3)Dalamkegiatanpembelajarandisarankanuntukmembiasakansiswadalamkegiatanbelajaradalahdengancarabelajarkelompok(4)guruharusmenjelaskantugasdarimasing-masinganggotakelompokdan(5)guruhendaknyamemperhatikanpengelolaanwaktu.